Raperda Layak Anak Kabupaten Bekasi, Untuk Melindungi dan Mengawasi Hak Anak

Iklan Semua Halaman

.

Raperda Layak Anak Kabupaten Bekasi, Untuk Melindungi dan Mengawasi Hak Anak

Kamis, 28 Februari 2019



METRO,KAB.BEKASI- Untuk melindungi hak anak di Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi mengumpulkan stake holder di Kabupaten Bekasi untuk menerima masukan dalam penyusunan draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Layak Anak. Kamis (28/2/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bekasi, Ida Farida menuturkan, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Layak Anak Kabupaten Bekasi bertujuan untuk melindungi dan mengawasi tentang pemenuhan hak anak Kabupaten Bekasi.  

"Kita tahu ada 31 hak anak yang harus dipenuhi Pemerintah Kabupaten Bekasi, tentunya ini tidak bisa dilaksanakan oleh pemerintah sendiri, harus ada pelaku kepentingan lain diantaranya adalah dunia usaha dan juga masyarakat untuk bersatu padu untuk membantu merancang perda ini," bebernya.  

"Jadi nanti dipersilahkan untuk memberikan saran masukan sehingga produk perda ini komprehensif bisa mengakomodir seluruh kepentingan anak-anak kita terutama di dunia pendidikan," imbuhnya. 

Ia mengatakan, motivasi tergagasnya rancangan perda ini, lantaran banyaknya kasus miris yang menimpa anak-anak terutama di Kabupaten Bekasi. "Saat ini dimasyarakat banyak kejadian yang miris tentunya tidak kita inginkan, ini terjadi bukan hanya anak yang sudah terlahir,"  ungkapnya. 

"Bicara hak anak, bagaimana anak itu dilindungi sejak dalam kandungan sampai usia sebelum 18 tahun.  Apapun yang terjadi pada anak di Kabupaten Bekasi maka negara dalam hal ini pemerintah Kabupaten Bekasi harus hadir," tambahnya. 

Untuk itu, dia berharap raperda tersebut dapat dibahas dan disahkan Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi dan bisa diimplementasikan sebelum pemilu mendatang.(Ely/Martinus)