SMPN Terbuka Telah Tutup, Anggaran Masih Terealisasi

Iklan Semua Halaman

.

SMPN Terbuka Telah Tutup, Anggaran Masih Terealisasi

Senin, 04 Februari 2019
Ilustrasi


BEKASI, METRO- Realisasi anggaran dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) bupati tahun 2017 untuk sejumlah SMP Negeri Terbuka di Kabupaten Bekasi dipertanyakan oleh masyarakat pemerhati pendidikan. Kuat dugaan anggaran tersebut masuk pada pundi-pundi pejabat dinas pendidikan Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan Robertus selaku pengamat pendidikan.

Dikatakan Robertus, sekitar tahun 2016, dirinya telah memantau kegiatan belajar mengajar (KBM) pada sejumlah SMPN Terbuka yang mendapat anggaran sesuai yang tertera dalam LKPJ Bupati. Dikatakan Robertus, saat dirinya menemui kepala sekolah, kepala sekolah mengatakan, SMPN Terbuka tidak ada lagi karena tidak ada muridnya, tutur Robertus menyapaikan keterangan kepala sekolah.

Lagi dikatakan Robertus, jawaban surat yang kami berikan kepada kepala sekolah juga membenarkan bahwa kegiatan KBM SMPN Terbuka tidak ada lagi, sehingga patut diduga realisasi anggaran dalam LKPJ bupati tahun 2017 masuk kepada pundi-pundi pejabat dinas pendidikan salah satu yang kami duga yakni Kabid SMP dan kroninya.

Disebutkan Robertus, “Ada yang aneh dalam realisasi anggaran. Jelas anggaran tersebut untuk SMPN Terbuka, tapi kok bisa dicairkan. Sementara kepala sekolah mengatakan SMPN Terbuka tidak ada lagi, lantas atas nama siapa anggaran tersebut dicairkan?, kata Robertus prihatin.

Mendapat informasi, Kabid SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Kusuma Ridwan saat dikonfirmasi terkait pencairan anggaran SMPN Terbuka, tidak memberikan jawaban. (Marihot Tampbolon)