Dishup Kab.Bekasi Membuka Pendaftaran Mudik Gratis Saat Idul Fitri

Iklan Semua Halaman

.

Dishup Kab.Bekasi Membuka Pendaftaran Mudik Gratis Saat Idul Fitri

Kamis, 28 Maret 2019
Kadishup Kab
Bekasi, Yana Suyatna

METRO, KAB.BEKASI - Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi mulai membuka pendaftaran untuk mudik gratis saat Idul Fitri tahun 2019 mendatang. Pendaftaran mudik gratis sudah mulai hari Senin (25/3), sampai pertengahan bulan Mei, dan pelaksanaannya pada 1 Juni, dan kembali lagi tanggal 8 Juni.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan, tujuan mudik ini masih sama dengan tahun sebelumnya, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatra. Dan hari ini sudah yang ketiga hari pendaftaran, antusias masyarakat cukup tinggi.

"Sekarang namanya Bekasi raya, jadi gabung dengan Kota Bekasi, ada 80 bus, satu bus 45 orang. Totalnya 3.600 pemudik untuk tahun ini yang disiapkan dari Kementrian Perhubungan," Kata Yana, kepada SKU Metropolitan,rabu (27/3).

Menurutnya, jumlah tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, tahun 2018 Kemenhub memberikan bantuan 50 bus, dan tahun 2019 Kemenhub memberikan bantuan 80 bus.

Selain itu, Provinsi juga memberikan bantuan mudik gratis sekitar 40 bus, satu busnya sama 45 orang, dan totalnya 1.800 pemudik. Untuk persyaratan yang mau mendaftar harus membawa KTP, KK, dan mengisi formulir, dengan tujuannya mau kemana.

"Tahun ini ada peningkatan, dan untuk pemberangkatan di Sumarecon Kota Bekasi, karena tahun kemarin di Kabupaten Bekasi. Kalau ditanya berapa Kabupaten dan Kota Bekasi, tergantung yang mendaftar," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemudik yang mendaftar Achmad Sarudin mengaku, sudah dua tahun belakangan selalu ikut mudik gratis, untuk tahun ini akan berangkat bersama keluarga sebanyak lima orang dengan tujuan Jogja.

Lelaki yang tinggal di Kaliabang tengah Kota Bekasi ini mengaku, sangat terbantu dengan adanya mudik gratis. Yang tadinya buat ongkos perjalanan, bisa digunakan untuk keperluan lain dengan adanya mudik gratis ini.

"Setiap tahun ikut. Persyaratannya hanya KK, Foto Copi KTP, kalau bawa
motor harus bawa foto copy STNK, dan SIM. Sangat terbantu sekali, karena uang yang biasa buat ongkos bisa buat lainnya," ujarnya.(Ely/Martinus).