Lapas Cikarang Deklarasi Bebas dari Narkoba dan Handphone

Iklan Semua Halaman

.

Lapas Cikarang Deklarasi Bebas dari Narkoba dan Handphone

Selasa, 12 Maret 2019


METRO,KAB.BEKASI - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIIA Bekasi (Cikarang) lakukan deklarasi pemberantasan Narkoba dan penggunaan handphone bagi warga binaan.Sebab penggunaan alat komunikasi di dalam lapas cikarang disinyalir sangat berpotensi menjadi sarana dalam pengedaran narkoba baik dari dalam maupun dari luar Lapas cikarang.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIIA Bekasi (Cikarang), Kadek Anton Budiharta menyampaikan bahwa deklarasi ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pemasyarakatan dalam rangka membrantas narkoba.

Hal ini merujuk pada surat edaran direktur, Jendral Pemasyarakatan No.PAS-126.PK.02.10.01. tentang langkah progresif dalam memberantas narkoba di dalam lapas.

"Memang ini tidak mudah dalam pemberantasan narkoba di dalam lapas, tetapi kami semua berkomitmen dan optimis bahwa di bulan april 2019 mendatang bahwa lapas cikarang bebas atau clear dari narkoba dan handphone, "kata kalapas cikarang saat memimpin Pembukaan Apel di lapangan Lapas cikarang,selasa (12/3).

Tambahnya, sebagai tindak lanjut dari komitmen kami, lapas cikarang telah memperketat pemeriksaan barang, baik dari kamar hunian maupun dari setiap warga binaan yang ada, untuk tidak adanya lagi warga binaan yang menyimpan handphone dan narkoba.

"Dan untuk warga binaan yang tertangkap menggunakan handphone, kita akan berikan sangsi hukuman disiplin, dengan melakukannya atau pemindahan kamar ke blok berat, (Maximum security). Jika tetap masih tidak bisa di bina tentunya kita akan pindahkan ke lapas yang lain,"jelasnya.

Lanjut Kalapas, untuk warga binaan yang mendapati narkoba di dalam, kami akan berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk menindaklanjuti lagi dengan perkara tindak pidana yang baru, sehingga akan di tambahnya lagi masa hukuman tanpa menghilangkan proses hukuman di internal.

selain warga binaan yang di berikan sangsi, petugas lapas cikarang yang melakukan penyalahgunaan barang-barang serupa, maka akan terancam di evaluasi, serta bersedia di copot jabatananya, "jadi semua ini komitmen kami bersama, dan semuanya harus sama-sama untuk bertanggung jawab, "tegasnya.

Hadirnya dalam deklarasi pemberantasan narkoba dan handphone ini, diwakili oleh Badan Narkotika Kabupaten Bekasi, Polres Metro Bekasi, Kejaksaan Negri Kabupaten Bekasi dan pengadilan negri Kabupaten Bekasi serta warga binaan Lapas cikarang.(Ely/Martinus)