Nelayan Laksankan Pesta Laut

Iklan Semua Halaman

.

Nelayan Laksankan Pesta Laut

Sku Metropolitan
Minggu, 17 Maret 2019

BEKASI, METRO- Ratusan nelayan Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Minggu (17/03/2019), melaksanakan syukuran laut atau yang biasa disebut Nadran berlokasi di TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Upacara tradisi para nelayan Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong ini ditandai dengan kegiatan melarung atau mempersembahkan sesaji ke laut.

Acara itu juga dihadiri oleh PLT Kabupaten Bekasi Eka Supriadi Atmaja,Dinas pariwisata (Disparitas) Kabupaten Bekasi, Camat muara gembong dan kepala Desa, Kapolsek Muara Gembong, masyarakat dan tokoh pemuda.

Camat Muara Gembong, Jumaifi, mengatakan, acara Nadran ini sudah tradisi para nelayan setiap tahunnya.dan himbauan untuk bapak-bapak yang membawa anak saya ingatkan untuk berhati hati karena kita akan mengarah ke laut.

 “Pesta laut ini turun temenurun dari masyarakat Muara Gembong, Alhamdulilah pada kesempatan acara ini dihadiri Plt Bupati Kabupaten Bekasi serta dari Dinas Pariwisata ikut hadir. Demi  keamanan kita bersama, jangan terlalu ke tengah, karena angin nya cukup kencang”. Ucap Junaifi.

Disisi lain Plt Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supriadi Atmaja mengukapkan, kegiatan, Nadran, bentuk syukuran dari pada para Nelayan, semoga selalu diberikan keselamatan dan kemudahan dalam melakukan kegiatan-kegiatan usahanya dan berharap di tahun kemudian bisa lebih meriah lagi.

“Tentu saja Harapannya di tahun kemudian acara ini bisa di tingkatkan lagi, karena acara ini adalah sebagai bentuk rasa syukur dari para Nelayan Muara Gembong. Semoga diberikan keselamatan dalam melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi nya dan acara ini Resmi kami Buka”, ungkapnya

Surya, panitia Nadran, mengatakan, ritual ini dilakukan sebagai sebuah ungkapan rasa syukur atas limpahan berkah dari Tuhan. Dengan tradisi pesta laut Nadran, nelayan berharap hasil tangkapan nelayan akan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. (Hidayat/Doy)