Pemkab Tulungagung Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Tulungagung Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Sku Metropolitan
Kamis, 21 Maret 2019


TULUNGAGUNG, METRO – Pemerintah Kabupaten Tulungagung mulai melaksanakan seleksi anggota Paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka) tahun 2019 di GOR Lembupeteng Tulungagung, kamis (21/3/2019). Proses ini merupakan seleksi tahap kedua. Dimana pesertanya mencapai 646 peserta.


Ketua panitia seleksi Paskibraka Kabupaten Tulungagung, Sudarmaji S.sos menyampaikan, seleksi paskibraka ini untuk dipersiapkan  HUT RI pada bulan Agustus 2019 mendatang.

"Dari hasil seleksi tersebut, terjaring 646 peserta dari lembaga pendidikan mulai dari SMA, SMK dan MA baik dari Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Tulungagung. Di tahap kedua ini akan dilaksanakan seleksi postur dan samapta dan kesehatan" ujar Sudarmaji.

Sebelum dimulai seleksi, seluruh peserta sudah berbaris rapi di halaman belakang GOR Lembupeteng Tulungagung untuk mengikuti apel seleksi. 

Setelah apel, seluruh peserta mulai mengikuti tahapan seleksi. Pada seleksi pengukuran postur tubuh, peserta benar-benar diukur mulai dari tinggi dan berat badan yang ideal.
Tim seleksi serta pelatih dari TNI dan Polri, Satpol PP serta tim kesehatan dari Dinkes Tulungagung. Tahap berikutnya akan dilaksanakan seleksi wawancara dan  kesehatan.

“Momen ini sangatlah penting, karena seleksi merupakan proses pembelajaran sikap, perilaku, mental serta akademik untuk seluruh peserta. Terus jaga kesehatan dan mental agar seleksi berjalan lancar hingga lolos menjadi anggota Paskibraka,” jelasnya.

Seleksi anggota Paskibraka Kabupaten Tulungagung 2019 akan dipilih sejumlah 81 orang. Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan secara fair dan terbuka.

“Adanya keterbukaan seleksi ini akan menghasilkan anggota Paskibraka Kabupaten Tulungagung yang maksimal dan siap ketika nanti mengibarkan bendera merah putih saat peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus,” tambah Sudarmaji.

Selain itu, diharapkan Paskibra Kabupaten Tulungagung tahun ini juga mampu berprestasi di tingkat provinsi dan  lolos menjadi anggota Paskibraka tingkat Nasional.

"Dari hasil seleksi ke 81 peserta paskibraka kabupaten Tulungagung, akan diseleksi lagi menjadi 5 pasang peserta terdiri dari 5 putra dan 5 putri yang akan dikirim untuk mengikuti seleksi paskibraka ke tingkat provinsi Jatim," pungkasnya (Sar).