Puluhan Peserta Ikuti Pesta Durian di Agro Park Trenggalek

Iklan Semua Halaman

.

Puluhan Peserta Ikuti Pesta Durian di Agro Park Trenggalek

Sku Metropolitan
Rabu, 27 Maret 2019


TRENGGALEK, METRO - Kontes durian di  Agro Park Trenggalek, diikuti sebanyak 81 peserta, dari seluruh wilayah di Kabupaten Trenggalek, Rabu (27/3)2019).

 Untuk bersaing menjadi yang terbaik, dalam ajang kontes durian yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selain kontes juga digelar makan durian gratis, setelah pengumuman pemenang oleh dewan juri.
Tirto  salah satu pengurus Durian Nusantara sekaligus juri penilai, pada kontes durian yang diselenggarakan di Agro Park Trenggalek mengatakan, kriteria penilaian pada kontes Durian itu pada bentuk luar, dalam,warna dan rasa.

"Untuk luar dinilai dari bentuk dan kulitnya, sedangkan dari dalam dinilai dari ketebalan ,warna dan rasanya," jelas Tirto

Mengenai kualitas durian yang ada di Trenggalek, Tirto mengatakan, kualitas durian di Trenggalek sangat bagus. Masih banyak buah  durian unggul di Trenggalek yang belum ditemukan , dan tugas kami untuk menemukan durian unggul yang ada di Trenggalek, ucapnya.

Selain itu, untuk nilai tertinggi pada final nanti tentunya bukan tentang  nilai bagus, namun ciri khas yang tetap menjadi penentu penilaian.

"Seperti ciri khas pulen, luber dan keistimewaan lain. Selain itu juga ketahanan durian itu sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Trenggalek, Didik Susanto, mengatakan, dengan diadakannya kontes durian lokal Trenggalek ini dimaksudkan untuk mencari buah durian unggul untuk dikembangkan di Kabupaten Trenggalek.

"Masyarakat diharapkan tidak terlalu mengunggulkan durian jenis Montong saja, karena Kabupaten Trenggalek sendiri mempunyai banyak buah durian yang  unggul," terangnya.

Dia mencontohkan ,di Kecamatan Watulimo saat sudah ada sekitar 5 ribu batang pohon durian dan terus akan dikembangkan.

"Diharapkan setelah diketahui buah durian yang unggul nanti akan terus ditingkatkan mutunya , sehingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi," pungkasnya.

Sesuai keputusan panitia kontes durian Kabupaten Trenggalek, dalam  kontes ini akan diambil 10 peserta, selanjutnya ditetapkan juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3 sedangkan sisanya juara favorit.
Setelah pengumuman pemenang kontes durian selesai ,masyarakat langsung menyerbu durian yang telah disediakan oleh panitia untuk disantap bersama-sama (Sar).