Polres Tulungagung Meluncurkan Tiga Inovasi Berbasis Mobile

Iklan Semua Halaman

.

Polres Tulungagung Meluncurkan Tiga Inovasi Berbasis Mobile

Sku Metropolitan
Senin, 25 Maret 2019


TULANGAGUNG, METRO- Polres Tulungagung,Jawa Timur terus berusaha meningkatkan pelayanan publik dengan menciptakan beragam inovasi baru. 

hari ini,Senin (25/3/2019) Polres Tulungagung meluncurkan tiga inovasi kepada publik berbasis mobile diantaranya Lounching SIM Ceria,Lounching SKCK Keliling dan Lounching besuk tahanan dengan video call.

 SIM ceria merupakan aplikasi  yang berbasis android.aplikasi ini bisa diunduh di play store

Sebelum masuk ke halaman utama ,aplikasi ini menampilkan pesan sosial seperti bijak dalam bermedia sosial "saring sebelum sharing" ,ada pula pesan keselamatan berlaluintas  dan sejumlah berita terkait kegiatan polri khususnya satlantas polres Tulungagung

Warga yang akan mengurus SIM bisa mendaftar sekaligus memasukkan data pribadi

"Saat ini yang bisa kami layani hanya untuk perpanjangan SIM. untuk pengajuan SIM baru pemohon masih harus datang ke kantor Satpas SIM," terang Kapolres Tulungagung,AKBP Topik Sukendar
[20:43, 3/25/2019] Metro tulungagung. Sarno: Pemohon SIM baru hanya sebatas pendaftaran,nantinya pemohon tetap harus mengikuti prosedur dari awal.

Dengan aplikasi ini,pemohon tinggal mengisi data dari rumah setelah itu pemohon tinggal datang ke kantor Satpas SIM Tulungagung untuk foto dan membayar biaya perpanjangan.

Selain SIM ceria ,polres Tulungagung juga meluncurkan SKCK mobile,layanan ini untuk memudahkan layanan perpanjangan SKCK.

"Layanan ini terintegrasi dengan layanan SIM keliling," tutur Tofik Sukendar

Persyaratan yang harus dibawa adalah SKCK lama,foto copy e-KTP,foto copy kartu keluarga,foto latar belakang warna merah dan mengisi formulir . layanan ini dibuka mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB

Jadi bagi masyarakat Tulungagung yang tidak punya waktu di siang hari ,dapat mengurus SKCK pada malam hari," terang kapolres
Sementara itu, layanan untuk membesuk tahanan di Polres Tulungagung kini semakin mudah.

Bagi keluarga yang tidak punya waktu datang ke ruang tahanan, Polres Tulungagung menyediakan fasilitas video call.

“Jadi membesuk tahanan kini bisa dilakukan di mana saja,” ujar Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar.

Inovasi yang digagas Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sattahti) secara resmi bisa dinikmati hari ini.

Sattahti menyediakan tiga buah telepon pintar untuk video call lewat aplikasi WhatsApp.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, keluarga tahanan lebih dulu harus mendaftar ke Sattahti Polres Tulungagung.

Persyaratannya dengan mengirimkan foto kopi KTP Elektronik, dan nama tahanan yang akan dibesuk.
[20:43, 3/25/2019] Metro tulungagung. Sarno: Video call dilakukan sehari setelah pendaftaran. Pelaksanaannya setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Misalnya daftar hari Senin, video call akan dilakukan hari Selasa. Daftar Rabu, video call dilaksanakan Kamis,” sambung Tofik Sukendar

Usai mendaftar, nantinya operator akan memberi tahu keluarga, jika tahanan sudah siap video call.

Durasi video call 10 menit. Fasilitas yang diberikan Polres Tulungagung ini sangat membantu bagi tahanan yang berasal dari luar daerah.

Ke depannya Polres Tulungagung akan mengevaluasi layanan ini, untuk menyesuaikan kondisi.

“Misalnya minat masyarakat tinggi, jumlah HP mungkin akan ditambah. Durasi telepon nantinya yang terbaik berapa menit, akan dievaluasi,” pungkas Tofik Sukendar.(Sar).