SDN 01 Mangunjaya Raih Juara 1 Tata Kelola Dana BOS

Iklan Semua Halaman

.

SDN 01 Mangunjaya Raih Juara 1 Tata Kelola Dana BOS

Sku Metropolitan
Rabu, 20 Maret 2019


BEKASI, METRO- Lomba tata kelola dana bantuan ope­rasional sekolah (BOS) di tingkat Kabupaten Bekasi, SDN Mangunjaya 01 Kecamatan Tambun Selatan, ber­hasil membawa pulang gelar juara satu.
Kepala SDN 01 Mangunjaya, Hj Aning H. S.Pd. MM, mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu meng­ung­guli 707 SDN di Kabupaten lainnya.
“Materinya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, perawatan, hingga dampak pasca pengimple­mentasian program BOS kepada seluruh warga sekolah,” ujar Aning kepada wartawan diruang kerjanya Selasa (19/3).
Tentu saja, menurut Aning, penilaian tata kelola dana BOS bukan semata-mata menilai bagaimana keluar masuk dana yang diberikan pemerintah setiap tahun. Tetapi, banyak aspek yang dinilai. Mulai dari perencanaan. Perencanaan yang baik harus sesuai dengan pelaksanaan, dan pelaksanaan harus sesuai dengan RAPBS, kemudian harus ada pelaporan.
Tidak sampai di pelaporan saja, paling penting adalah dampak dari itu semua terhadap semua yang ada di sekolah. Baik perawatan, murid, guru dan berbagai perkembangan dari apa yang sudah dilakukan menggunakan dana tersebut.
“Misalnya dari perencanaan, ada pengeluaran dana untuk perawatan sekolah. Harus dilihat benar tidak ada perawatan, harus ada bukti setelah dan sebelum perawatan,” tuturnya.
Misalnya lagi, kata Aning, dampak dari kegiatan siswa. Sebab, Bos membiayai kegiatan siswa yang salah satu dampaknya adalah prestasi siswa. “Prestasi apa yang sudah diraih. Sama dengan dampak di guru,” imbuhnya.
Sementara itu anggota Komite sekolah, H. Saban JR, menuturkan, ini menjadi motivasi bagi sekolah SDN 01, untuk terus meningkatkan mutu sekolah dan menjalankan semua prosedur kegiatan apa pun yang ada dengan sangat baik, ujarnya. (yosua).