SMPN 20 Depok Termegah di Depok

Iklan Semua Halaman

.

SMPN 20 Depok Termegah di Depok

Sku Metropolitan
Selasa, 26 Maret 2019


DEPOK, METRO - Diusianya yang terbilang masih muda, kini SMP Negeri 20 Depok yang beralamat di Jln. Marthadinata, Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas menjelma menjadi SMP termegah di Kota Depok. Mungkin dari sisi prestasi belum bisa disetarakan dengan sekolah  yang lebih dahulu berdiri, namun dari sisi fisik dan penataan ruang, layaknya dapat dijuluki menjadi SMP Negeri  termegah di Kota Depok.

Bukan berlebihan, apabila masyarakat banyak yang terkagum-kagum melihat kemegahan gedung SMP Negeri 20 ini. Berbagai pujian dan apresiasi banyak terlontar dari masyarakat yang ditujukan kepada Kepala sekolah, Komar Suparman, melihat kemajuan sekolah yang begitu pesat selama dia pimpin.

Dulu sekolah ini sering dilanda banjir dan becek apabila di musim penghujan, yang sering mengganggu disaat pelajaran ekstrakurikuler, kegiatan upacara bendera dan kegiatan apel pagi. Itu semua adalah masa lalu. Kini suasananya sudah sangat berbeda, tidak ada lagi kata banjir dan becek, kendati di musim penghujan. Halaman sekolah sudah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan apa saja, termasuk kegiatan olahraga basket bahkan futsal sekalipun, karena di didukung dengan luas halaman sekolah yang memadai.

Keberhasilan ini tidak lepas dari kinerja seorang kepala sekolah, Komar Suparman yang punya visi yang jelas dalam mengembangkan sekolah. Reputasinya tidak perlu diragukan lagi dalam memimpin. Hal itu dapat dibuktikan selama dia memimpin di beberapa sekolah dan selalu mendapatkan hasil yang memuaskan.

SMPN yang berdiri tahun 2014 ini mempunyai luas kurang lebih 3800 M, dengan memiliki 24 ruangan, plus Gedung serbaguna dan Musholla. Ditunjang dengan fasilitas sarana-prasarana yang lengkap yaitu, ruang perpustakaan, ruang UKS, ruang laboratorium dan Kantin.

Dengan rasa penasaran dan rasa ingin tau, kami pun menyempatkan diri menanyakan hal ini langsung kepada Komar Suparman, selaku Kepala sekolah di SMP Negeri 20 dibalik keberhasilannya menata sekolah ini menjadi lebih baik. Ditemui diruangannya Komar pun mengatakan bahwa apa yang dikerjakan nya adalah hal yang biasa saja, “karena sudah merupakan tugas utama kepala sekolah untuk bagaimana mengembangkan sekolah agar lebih maju,” kata Komar.

“Sekolah tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat/ orang tua siswa. Kalau ingin sekolah berkembang mau lebih cepat, jangan hanya terpaku megandalkan bantuan dari pemerintah saja. Kita harus bisa melibatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan sekolah, harus ada kolaborasi dan sinergi antara sekolah dengan masyarakat. Kalau hal ini terintegrasi dengan baik, saya yakin sekolah akan lebih cepat berkembang,tentu harus selalu mengedepankan musyawarah dalam mengambil suatu keputusan,” ujar Komar.

“Saya ingin SMP 20 ini menjadi sekolah yang ideal yang membuat warga sekolah nyaman dan mempunyai pendidikan dengan taraf yang  bermutu. Proses pembelajaran juga harus baik, dengan fasilitas sekolah yang juga harus lengkap, bersih, mempuyai  visi-misi yang jelas dan memiliki guru yang memiliki strategi dan analisis yang bagus dalam melihat bakat dan potensi para pelajarnya,” jelasnya.(Jalampong)