131 Kepala Desa di Trenggalek Resmi di Lantik

Iklan Semua Halaman

.

131 Kepala Desa di Trenggalek Resmi di Lantik

Sku Metropolitan
Jumat, 19 April 2019


TRENGGALEK, METRO- Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin melantik serta mengambil sumpah dan penandatanganan fakta integritas terhadap 131 kepala desa terpilih, Jum’at  (19/4/2019).


Pelantikan serta pengambilan sumpah dan penanda tanganan fakta integritas dilakukan Wakil Bupati di Pendopo Manggala Praja Nugraha,Trenggalek. 
Hadir dalam giat tersebut, Wabup Trenggalek Moch Nur Arifin, Kapolres Trenggalek, Dandim 0806 Trenggalek, Kejari Trenggalek, ketua DPRD Trenggalek, Sekda Trenggalek, kepala OPD lingkup Pemkab Trenggalek, Camat se-Kabupaten Trenggalek serta 131 kepala desa terlantik.


Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin dalam sambutanya dihadapan para kepala desa menyampaikan, jika hari ini adanya pelantikan merupakan salah satu kewajiban dari pemerintah daerah untuk mengukuhkan para calon kades yang sudah terpilih sesuai Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Trenggalek No. 13 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, Pengangkatan, Perangkat Desa, dan Pengisian Keanggotaan BPD.


“Dari 132 Kepala Desa terpilih yang kami lantik hari ini berjumlah 131, dan satu Pejabat Kepala Desa dikarenakan Kepala Desa terpilih meninggal dunia sebelum di lantik,” jelasnya.
Wabup menambahkan, Seluruh rangkaian pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Trenggalek beberapa waktu yang lalu berjalan dengan lancar. Walau memang ada sedikit ketidak puasan dari calon yang gagal, namun itu dianggapnya sebagai hal wajar.


 “Secara keseluruhan, kami menilai bahwa jalannya proses pemilihan kepala desa pada 9 Februari 2018 lalu itu berjalan dengan  lancar dan aman,” ungkapnya.


Selanjutnya apabila ditemukan pelanggaran, itu sudah dalam ranah berbeda. Dalam prinsipnya, jika semua proses sudah dilalui maka tahapan berikutnya harus segera dilakukan. Karena jika tidak, maka pemerintah daerah bisa dianggap melanggar hukum.
” Semua sudah sesuai prosedur, jika ada persoalan lain ya biar berjalan sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya


Dia berpesan kepada para Kades yang dilantik, nantinya agar bekerja lebih giat, amanah sesuai aturan dan mengutamakan kepentingan masyarakat, harapnya.


“Utamakan layanan kepada masyarakat, beri yang terbaik bagi masyarakat dan hindari pelanggaran hukum,” pungkasnya. (Sar).