Menkopolhukam Gelar Rapat Koordinasi Keamanan dan Penegak Hukum

Iklan Semua Halaman

.

Menkopolhukam Gelar Rapat Koordinasi Keamanan dan Penegak Hukum

Sku Metropolitan
Kamis, 18 April 2019


JAKARTA, METRO - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi aparat keamanan dan Penegak Hukum pasca tahapan pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 berupa yang digelar kemarin (17/04/2019). Rakor digelar di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (18/04/2019).

"Hari ini aparat keamanan, penegak hukum, kita akan melaksanakan rapat koordinasi untuk menjaga agar apa yang terjadi dalam wilayah pemilihan umum dapat diselesaikan," kata Wiranto.

Wiranto meminta, sengketa ataupun persoalan yang terjadi selama Pemilu Serentak 2019 dapat diselesaikan sesuai Undang-Undang.

"Apapun yang terjadi sebagai akibat dari Pemilihan Umum apakah soal perhitungan suara maupun surat-suratnya dapat diselesaikan di wilayah perundang-undangan atau wilayah hukum dari Pemilihan Umum," ungkap Wiranto.

Penyelesaian sengketa maupun gugatan Pemilu melalui jalur yang sesuai dengan Perundang-undangan diharapkan mampu menekan persoalan agar tidak menggangu stabilitas nasional.

"Kita menjaga agar penyelesaian itu jangan keluar dari wilayah Pemilu, kemudian masuk dalam wilayah yang lebih luas ke wilayah nasional," kata Wiranto.

Rapat koordinasi digelar untuk mengoordinasikan langkah yang diambil agar masyarakat mampu menjaga kondusifitas Pemilu. Adapun hasil Rakor akan disampaikan kemudian.

"Hari ini kita akan melakukan rapat koordinasi dan mendapatkan  masukan-masukan dari berbagai pihak agar kita dapat mengambil langkah yang tepat untuk bisa mengajak seluruh kontestan bisa mengajak seluruh masyarakat pendukung maupun keseluruhan untuk bisa menjaga hasil Pemilu, agar masyarakat jangan diganggu lagi dengan hal-hal yang mengakibatkan apa yang telah kita jaga menjadi rusak. Setelah kita selesai rapatnya akan kami sampaikan," pungkasnya. (dpt)