Pelaksanaan USBN dan UNBK Berlangsung Aman

Iklan Semua Halaman

.

Pelaksanaan USBN dan UNBK Berlangsung Aman

Sku Metropolitan
Selasa, 23 April 2019


DEPOK, METRO- Seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP) di seluruh pelosok tanah air, senin, 22 April secara serentak melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN) bagi Sekolah Dasar (SD) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP ).

Di Depok,pelaksanaan USBN dan UNBK  sesuai pantauan di lapangan semua berjalan dengan baik dan lancar. Menurut data dari Dinas pendidikan Kota Depok ada sekitar 34 000 siswa-siswi SD Negeri /swasta  yang mengikuti  USBN dan 21500 siswa-siswi  SMP Negeri /swasta  yang mengikuti  UNBK.

Sementara mata pelajaran yang diujikan dihari pertama adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia,di hari kedua  mata pelajaran matematika, baik di SD maupun SMP.Ada 3 mata pelajaran yang diujikan untuk tingkat SD yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sedangkan untuk tingkat SMP,  ada 4 mata pelajaran yaitu, Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Waktu  pelaksanaan USBN bagi SD dilangsungkan selama 3 hari, 22/4 hingga 24/4, SMP  selama 4 hari , 22/4 hingga 25/4.

Pantauan Wartawan SKU Metropolitan dilapangan, SMP Negeri 11 Depok, pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik. Para peserta ujuan  begitu serius dan fokus mengikuti seluruh proses UNBK. Ada  dua sesi  pelaksanaan UN di SMP 11, sesi pertama dimulai pukul  7.00 WIB  hingga 9.00 WIB dan Sesi kedua dimulai pukul  10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kepala sekolah, Salim Bangun, mengatakan, pelaksanaan UN di SMP 11 berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun, semua berjalan sesuai  dengan rencana. Ketika ditanya bagaimana antisipasi sekolah apabila ada gangguan jaringan aplikasi atau listrik padam? Salim menjelaskan, apabila ada gangguan jaringan aplikasi kami telah menjalin kerja sama dengan pihak Telkom, begitu juga untuk antisipasi listrik semua sudah kita kordinasikan dengan pihak PLN.

“Kami juga telah mempersiapkan genset, untuk mengantisipasi kemungkina terjadi pemadaman listrik’, ’jelas Salim.

 Menurutnya, semua siswa  kelas IX dihari pertama dan kedua  pelaksanaan UNBK,  tidak ada yang absen, baik yang ikut di sesi pertama maupun yang  sesi dua. Semoga di hari berikutnya  mendapatkan hal  yang  sama, karena pelaksanaan UNBK nya  dilangsungkan selama 4 hari, Ujarnya.
UNBK di SMP 11 di hari 1 dimonitor oleh pengawas, sekaligus Pembina SMP Negeri 11 Depok, Sri Juriani. Demikian halnya di SMP Negeri  1 Depok , SMP Negeri  4 Depok, SMP Negeri 22 Depok ,SMP Negeri  17 Depok dan SMP  Negeri 15 Depok, sesuai pantauan dilapangan semua berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun. Hanya saja di SMP 1 Depok, menurut kepala sekolah Wahyu ,ada 1 orang yang tidak bisa mengikuti  ujian dikarenakan sakit. Jadi pelaksanaan USBN dan UNBK  di Depok secara umum berjalan dengan baik dan lancar. ( Jalampong R ).