Pemkab Bekasi Berencana Bangun Alun-Alun di Kali Ulu

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bekasi Berencana Bangun Alun-Alun di Kali Ulu

Sku Metropolitan
Kamis, 28 Maret 2019


 
Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti /kamis (28/3)



METRO,KAB BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berencana membangun tiga ikon terbesar se-Jawa Barat (Jabar) sebagai ciri khas daerah tersebut.Ketiga ikon itu adalah Air Mancur setinggi 50 Meter, Pusat Peradaban Sejarah dan Budaya Bekasi di Gedung Juang Tambun, dan pembangunan Alun-Alun Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah menggodok dan merealisasikan rencana tersebut.

"Kalau yang Gedung Juang memang adalah salah satu program perencanaan, yang menjadi kewajiban satu daerah masing-masing sesuai kewenangan Kabupaten Kota untuk melestarikan cagar budaya atau situs bersejarah. Di Gedung Juang kita sudah cek juga, itu masuk rencana strategis dan rencana perangkat daerah," ungkapnya, kepada SKU Metropolitan di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2019).

Sementara, untuk pembangunan air mancur, pihaknya belum dapat menjelaskan secara rinci lokasi pembangunannya, namun diperkirakan akan dibangun sekitaran Kalimalang.

Terkait pembangunan alun-alun, pihaknya menyebut telah ada komunikasi yang intensif antara pemerintah Kabupaten Bekasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan ini merupakan salah satu program dan janji politik dari Gubernur jawa Barat bahwa disetiap kabupaten/kota di Jawa barat ada alun alunnya.

“Tinggal kita nantinya kordinasikan dengan baik antara program Gubernur  Provinsi Jawa barat dan program Kabupaten Bekasi,”

Mengenai Anggarannya Iis mengatakan bahwa sedang kita bahas dan usulkan, karena sekarang kan sedang Musrenbang provinsi juga. Salah satunya ngebahas alun-alun. cuman arah dan pembagian tugasnya belum jelas, kita sedang menunggu rapat lanjutan," beber Iis.

Menurutnya, pembangunan alun-alun memang masuk kedalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bekasi maupun Provinsi Jawa Barat.

"Rencana besarnya memang masuk RPJMD. karena alun alun identitas suatu daerah, disisi lain ini program pak gubernur yang menginginkan kabupaten kota se-Jawa Barat harus ada alun-alun. Tinggal kita mengkombinasikan antara program gubernur dengan bupati," ungkapnya.

Terkait lokasi yang bakal dibangun alun-alun, informasi yang didapat akan dibangun di sisi jalur pantura tepatnya di Kali Ulu, Kecamatan Cikarang Utara depan Perumahan Cental Park Cikarang.

"Itu termasuk salah satu lokasi yang akan kita bangun, cuman hasil fixnya seperti apa kita belum bisa memastikan, yang pasti itu salah satu objek yang menjadi sasaran karena pusat keramaian, dan di jalan negara juga," bebernya.

Untuk itu, pihaknya kini sedang melakukan kajian terkait lokasi yang akan dibangun alun-alun tersebut, baik itu dari sisi kemanfaatan, dampak ekonomi, maupun dampak sosial masyarakat.

"Dikaji dulu, karena jadi pusat kegiatan masyarakat jangan sampai membebani, kita studi kelayakan dulu fisibility Studynya, kemudian pengadaan lahannya, termasuk pembuatan DEDnya,  ada banyak tahapan yang harus kita tempuh untuk merealisasikannya," tutupnya. (Ely).