Pemkab Bekasi Mulai Menyusun Pembuatan Alun Alu

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bekasi Mulai Menyusun Pembuatan Alun Alu

Kamis, 18 April 2019



METRO,KAB.BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai konsen dalam pembahas dan menyusun pembuatan Alun-Alun sebagai Icon Kabupaten Bekasi yang terletak di Kampung Kali Ulu, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju saat rapat dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Bekasi. Selasa (16/4).

Dalam rapat tersebut, kata dia, dibahas beberapa hal yang akan menyempurnakan hal-hal teknis untuk pembuatan alun-alun tersebut.

"Kita sedang bahas soal pembangunan alun-alun. Tapi disisi lain kita juga dengan masyarakat dikomunikasikan, biar kita ngebangunkan bisa gak sih di fungsikan dengan maksimal, apakah bermanfaat atau tidak, kita tidak cuman ke output jadi, tapi juga bermanfaat," bebernya.

Dalam penyusunan tersebut, kata dia, tidak hanya melibatkan Bappeda Kabupaten Bekasi tetapi juga OPD dan lapisan masyarakat.

"Semua unsur kita libatkan tidak hanya Bappeda, masyarakat juga, camatnya juga, seperti apa kita orientasinya, outcome manfaatnya seperti apa," bebernya.

"Kita akan sosialisasikan, ada kunsultasi publik juga. kalau bicara icon tapi juga manfaatnya seperti apa. Ada manfaat ada impact ada benefit," bebernya.

Pemilihan lokasi di Kali Ulu, kata dia, lantaran akses ke lokasi tersebut cukup baik,"Kita nyari di koridor tengah biar bisa diakses ke Utara, Selatan, Barat, Timur kan bisa lebih mudah, biar bisa dijangkau di semua lapisan masyarakat," ungkapnya kepada wartawan.

Nantinya, kata uju, alun-alun tersebut akan dibangun pula mesjid agung, gedung kreatif, wisata kuliner, taman tematik dan lainnya.

Sementara, untuk penganggaran, kata dia akan dimaksimalkan dari berbagai sumber yang memungkinkan pembangunan tersebut."Anggarannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi, tapi bisa juga dari APBN, APBD provinsi, pinjaman, Coorporate Social Responcibility (CSR), Hibah, atau yang lainnya. tinggal kita sesuaikan. karenakan alun-alun juga masuk di Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi.(Ely/Martinus)