Pemkab Bekasi Terjunkan 17 Ribu Linmas Bantu TNI/Polri Jaga dan Mengamkan TPS

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bekasi Terjunkan 17 Ribu Linmas Bantu TNI/Polri Jaga dan Mengamkan TPS

Selasa, 16 April 2019

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Carwinda


METRO,KAB BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi mendengarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat melalui Video Conference yang turut didengarkan oleh 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, untuk memastikan agar pemilihan umum dapat berjalan lancar. Selasa (16/4/2019).

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Carwinda yang mewakili Kabupaten Bekasi saat tanya jawab dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, wilayah Kabupaten Bekasi telah siap untuk melaksanakan pemilihan umum yang akan digelar esok.

"Kita sampaikan bahwa dari KPU hampir semua sudah sampai TPS, paling lambat malam ini sudah sampai TPS," ujarnya usai mendengarkan Video Conference tersebut.

Dalam tanya jawab tersebut, kata dia, Gubernur juga mempertanyakan kesiapan bilamana terjadi hujan. Ia pun menjawab telah dilakukan langkah antisipasi.

"Tadi juga menanyakan bagaimana bila terjadi hujan, diawal KPU dan kita sudah menyampaikan bahwa tempat TPS itu dimungkinkan berdekatan dengan sekolah dan rumah warga, nanti bisa pindah kesitu kalau hujan," ungkapnya.

Ia pun menyampaikan, untuk langkah antisipasi kondisi dan situasi keamanan, TNI dan Polri sudah disiagakan ke lokasi TPS. "Berkaitan dengan situasi dan kondisi, tadi sudah ada gelar pasukan dan pergeseran pasukan dari polres dan kodim ke masing-masing kecamatan dan TPS," bebernya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah menerjunkan 17 ribu Linmas untuk ikut membantu TNI/Polri dalam menjaga dan mengamankan TPS.

Dalam Video Conference tersebut, kata Carwinda, Gubernur meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk ikut memastikan tidak adanya penggiringan massa di masjid agar menghindari terjadinya gesekan di masyarakat.

Carwinda juga menargetkan, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi sebesar 77,5 persen. Angka tersebut menurut dia telah dikoordinasikan dengan KPU Kabupaten Bekasi.

"Kalau pilgub lalu kan cuman 61 persen disini. Kalau sekarang target kita 77,5 persen. Saya juga menghimbau ASN untuk menjadi contoh untuk mencoblos dan tidak golput, karena kita kan sudah diberi libur," tutupnya.(Ely)