Uju : Minta Satpol PP Kab Bekasi Tertibkan APK Saat Masa Tenang Pemilu 2019

Iklan Semua Halaman

.

Uju : Minta Satpol PP Kab Bekasi Tertibkan APK Saat Masa Tenang Pemilu 2019

Senin, 08 April 2019


METRO,KAB.BEKASI- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi diminta menertibkan alat peraga kampanye (APK) di berbagai sudut. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu 2019).

“Yang paling pokok pembersihan APK. Karena tanggal 14 April mulai memasuki masa tenang,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju, usai rapat koordinasi dengan Bawaslu, KPU dan perwakilan partai politik di Gedung Bupati Bekasi, Senin (8/4/2019).

Uju mengatakan, dari rapat koordinasi tersebut ada beberapa hal yang perlu disinergikan dengan penyelenggara pesta demokrasi. Salah satunya penertiban APK.

“Kita pemerintah daerah mensupport kegiatan ini dengan mengerahkan Satpol PP,” katanya.

Penertiban APK, lanjut Uju, akan difokuskan di jalan utama. Mulai dari perbatasan Kota Bekasi hingga Kabupaten Karawang.

“Itu yang menjadi fokus titik lokasi penertiban APK. Tapi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kecamatan. Jadi penertiban ini akan dilakukan mulai tanggal 14 April, pas memasuki masa tenang,” katanya.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi menambahkan, untuk teknis penertiban APK dibagi menjadi dua segmen.

“Pertama, untuk wilayah kecamatan akan ditertibkan oleh kasi trantib beserta panwascam wilayah dibantu oleh peserta Pemilu tingkat kecamatan. Kedua, untuk Bawaslu dan dan Satpol PP Kabupaten Bekasi akan menertibkan sekitaran jalan protokol,” katanya.

Jika diperlukan, lanjut Akbar, pengawas Pemilu tingkat desa dan pengawas TPS juga akan dilibatkan. Mereka akan menertibkan APK yang berada di jalan lingkungan.

“Penertiban APK masa tenang akan dilaksanakan mulai 14-16 April 2019. Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 pasal 289 ayat 4,” katanya.

“Pemda akan memfasilitasi kebutuhan penertiban APK yang akan dilakukan oleh Bawaslu beserta jajaran bersama-sama dengan peserta Pemilu dan Satpol PP Kabupaten Bekasi,” lanjutnya.(Ely)