Bom Rakitan Diledakkan Densus 88

Iklan Semua Halaman

.

Bom Rakitan Diledakkan Densus 88

Kamis, 09 Mei 2019
Kombes Pol Argo Yuwono (Kabid Humas Polda Metro Jaya), Kombes Pol Chandra Sukma Kumara (Kapolres Metro Bekasi), Kombes Pol Indarto (Kapolres  Metro Bekasi Kota), Letkol Arh Jimmy H (Dandim 0509/kab Bekasi), Kompol Tata Irawan (Kapolsek Babelan), dan Kapten Inf M Thoib (Danramil 04 Babelan)/kamis (9/5)


METRO, KAB.BEKASI - Densus 88 dan Team Jihandak Gegana Mabes Polri yang di Pimpin oleh AKBP Adarma Sinaga melakukan giat pemusnahan barang bukti Bom Pipa Rakitan dengan cara diledakan di areal lahan kosong  Perumahan Babelan Sakinah Residen ( BSR ) tepatnya di kp Pulo Timaha Rt 05/08 desa Babelan Kota – Bekasi. Kamis 09/05/2019.

Bahan peledak yang  dijinakan hasil dari penggeledahan sebuah Ruko Aksesoris HP Wanky Cell yang beralamat di Jln.KH.Muchtar Tabrani no 27 Rt.03 Rw.03 Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Hasil pengembangan kelompok teroris yang sebelum di ketahui berada di wilayah Babelan.

Berdasarkan pantauan Metropolitan pemusnahan bom pipa dilaksanakan sekitar pukul 12.00. Sejumlah petugas gegana dan kepolisian lainnya terlihat berjaga di sekitar area pemusnahan bom tersebut.

Kemudian terlihat satu koper bewarna hitam dibawa oleh dua petugas gegana ke tengah lahan kosong tersebut. Empat petugas gegana menyusul untuk menaruh bom pipa untuk dimusnahkan. Polisi kemudian meletakkan balok oranye sekitar 300 meter dari posisi bom sebagai tanda jarak aman. "Mohon perhatian akan dilakukan disposal bahan bom. Kepada seluruh anggota yang bertugas dan masyarakat di sekitar TKP agar segera mencari perlindungan yang aman," ujar seorang petugas kepolisian menggunakan pengeras suara, Kamis.

Acara tersebut di hadiri Kombes Pol Argo Yuwono (Kabid Humas Polda Metro Jaya), Kombes Pol Chandra Sukma Kumara (Kapolres Metro Bekasi), Kombes Pol Indarto (Kapolres Metro Bekasi Kota), Letkol Arh Jimmy H (Dandim 0509/kab Bekasi), Kompol Tata Irawan (Kapolsek Babelan), dan Kapten Inf M Thoib (Danramil 04 Babelan).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan penggeledahan dilakukan dari pengembangan penangkapan kelompok terduga teroris di kios ponsel Wanky Cell di Jalan KH Muchtar Thabrani, Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

“Ini adalah rangkaian kegiatan dari pengembangan penangkapan terduga teroris di Bekasi Kota, yaitu Jati Asih dan Bekasi Utara,” ucapnya di Babelan.

Penyelidikan masih dikembangkan terus, jadi untuk menjelang Lebaran, kita bisa ciptakan kondusifitas jaminan keamanan yang terintegrasi,” sambungnya.

Argo melanjutkan, tersangka teroris sebagian besar sudah ditangkap, baik dalam keadaan hidup atau tewas.

Usai meledakkan bom rakitan, rombongan Densus 88 menggeledah Kontrakan pelaku  berada di RT 7 RW 14 Nomor 12 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.

Dalam penggeledahan yang dilakukan, tim Densus 88 membawa beberapa gulungan kabel yang diduga merupakan bom rakitan.

"Sendok saringan dan alat-alat yang diduga untuk meracik bom. Alat-alat yang dikaitkan dengan pembuatan bom sendiri. Dari (tim) Inafis dan Identifikasi ada beberapa yang dibawa, pertama sidik jari, ada buku-buku yang dia belajar untuk membuat bahan peledak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di lokasi rumah Rafli, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Suhadi selaku Ketua RT mengatakan, Ekky mengontrak bersama istrinya bernama Cyntia Dewi sudah delapan bulan, secara prosedur telah melapor ke pengurus RT.

"Pelaku jarang bersosialisasi dan mengaku pekerjaannya sebagai pedagang," ungkapnya, Kamis (9/5).

Sementara itu, pemilik kontrakan Sudarno mengatakan pelaku merupakan warga Perumahan Pondok Ungu Permai sementara istrinya warga Mustika Jaya.

"Ekky mengontrak perbulan dengan biaya Rp1,5 juta per bulan," ujarnya.

Ia mengaku, saat pertama kali mengontrak, pelaku tampak biasa dan tidak mencurigakan.

Lokasi kontrakan terduga teroris Ekky, situasinya saat ini sudah sepi hanya saja pihak kepolisian memasang garis polisi di depan rumahnya ( Martinus)