Pengobatan Tuberculosis RSUD dr Iskak Terbaik

Iklan Semua Halaman

.

Pengobatan Tuberculosis RSUD dr Iskak Terbaik

Sku Metropolitan
Sabtu, 18 Mei 2019

TULUNGAGUNG, METRO- Tuberculosis Foundation memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),dr Iskak Tulungagung sebagai pelaksana pelayanan program Tuberculosis terbaik. Rumah sakit ini memiliki layanan pengobatan Tuberculosis (TB) paripurna dengan kelengkapan infrastruktur dokter dan peralatan.

Pemberian gelar terbaik dalam Champion TB Award KNVC 2019 ini diberikan kepada RSUD Dr. Iskak, Dinas Kesehatan, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tulungagung, pada 25 April 2019. Tulungagung dinilai memiliki komitmen kuat dalam pelayanan pengobatan Tuberculosis sebagai role models pelayanan di seluruh rumah sakit dan Dinas Kesehatan seluruh Jawa Timur.

Penerimaan anugerah Champion TB Award KNVC ini dihadiri perwakilan stakeholder Tulungagung yakni Dr. Mastur (Dinas Kesehatan), Dr. Kasil Rohmat MARS (IDI), Dr. Rendra Sp.MK (PKM Ngunut), dan Dr. Arfi serta Endah dari Poli DOTS (Direct Obseved Treatment Shourt-Chemotherapy).

“Semoga layanan ini bisa menekan penyebaran TB di Tulungagung dan Jawa Timur,” kata Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD Dr. Iskak Tulungagung, M Rifai.

KNCV (Koninklijke Nederlandse Centrale Vereniging) adalah organisasi Nirlaba Internasional,  secara khusus berfokus pada pengentasan Tuberkulosis di seluruh dunia dengan memperkuat sistem kesehatan dalam penanggulangan di tingkat global dan lokal. Di dalamnya bergabung para dokter, peneliti, ahli pelatihan, perawat dan epidemiologis yang memiliki perhatian pada pengendalian TB.

Organisasi ini berkantor pusat di Den Haag, Belanda dan memiliki kantor tiga regional yang membawahi wilayah Belanda, Eropa, Asia Tengah, dan Afrika. Serta 12 kantor perwakilan di Botswana, Republik Dominika, Ethiopia, Indonesia, Kirgizstan, Namibia, Nigeria, Pakistan, Afrika Selatan, Tajikistan, Uganda, dan Vietnam.

Pendirian organisasi ini bertujuan untuk menghentikan penularan penyakit TB sebagai pembunuh nomor dua di dunia, serta memberantas penyakit TB yang kebal obat.

Direktur RSUD Dr. Iskak Tulungagung, Dr. Supriyanto, Sp. B, FINACS mengatakan rumah sakitnya telah menyediakan layanan pengobatan TB hingga paripurna. Hingga kini tak banyak rumah sakit yang mampu melayani tindakan pengobatan penderita TB yang resisten terhadap obat. “Hanya ada empat rumah sakit di Jawa Timur yang memiliki kemampuan ini,” kata Supriyanto.(sar)