Wartawan Ikuti Orientasi PWI Bekasi

Iklan Semua Halaman

.

Wartawan Ikuti Orientasi PWI Bekasi

Selasa, 21 Mei 2019


METRO,BEKASI - sekitar 30 orang wartawan dan berbagai media massa cetak dan online mengikuti orientasi terhadap calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi di kantor Sekretariat PWI Jln. Rawatembaga, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin (20/5/2019).

Dalam sambutannya Ketua PWI Bekasi, Melody Sinaga menyampaikan ucapan terimakasih terhadap para peserta orientasi dengan diadakanya bisa menambah wawasan baru. tentang kode etik jurnalistik dan UU Pers No.40 Tahun 1999.

"Saya sangat berterimakasih kepada temen-temen yang mau bergabung ke organisasi PWI serta mengikuti orientasi yang diadakan oleh PWI Bekasi,"tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan PWI Propinsi Jawa Barat, Muhammad Syafrin Zaini mengatakan, Pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Bekasi sebagai bentuk pembekalan lebih tentang jurnalis baik UU Pers No 40 Tahun 1999 dan pemahaman lebih tentang UU ITE  serta PPRA.

Dirinya memaparkan, organisasi PWI akan membantu anggotanya jika tersandung permasalahan pemberitaan . "Selama kita mengikuti aturan kode etik jurnalistik, Kita akan aman jika mengikuti kaedah yang ada," tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan, jika anggota PWI mempunyai dua keanggotaan yang sama profesinya harus memilih salah satu profesinya." Jika ada aggota yang dobel keanggotaanya diharapkan memilih Satu diantaranya. Karena organisasi satu profesi tidak boleh dobel,"tegasnya.

Komisi Kopentensi  Wartawan, H. Wawan Djuwarna dalam pemberian materi kepada media Bekasi menyampaikan, wartawan harus tetap teguh memegang aturan dan kode etik jurnalistik." Wartawan  harus independen, akurat, seimbang , tidak memberitakan hoax , menjaga profesi,"katanya. (Ely/Martinus)