DPRD Kabupaten Batang Konsultasi Capaian Kota Sehat

Iklan Semua Halaman

.

DPRD Kabupaten Batang Konsultasi Capaian Kota Sehat

Sku Metropolitan
Minggu, 23 Juni 2019


BEKASI, METRO - Pemerintah Kota Bekasi menerima kunjungan Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Kabupaten Batang dalam hal kebijakan dan inovasi daerah terkait Peningkatan derajat Kesehatan masyarakat termasuk capaian kota sehat di di Press room Humas, Rabu (19/6).

Rombongan DPRD berjumlah 15 orang dipimpin oleh H. Imam Teguh Kaharjo selaku Ketua DPRD Kabupaten Batang.

Ketua DPRD Kabupaten Batang H. Imam Teguh Kaharjo dalam sambutanya menyapaikan kondisi kesehatan di Kota Batang cukup memprihatinkan dibandingkan Kabupaten/Kota lain di Jawa Tengah seperti tingginya angka kematian bayi baru lahir dikarenakan rumah sakit / bidan cukup jauh jaraknya dengan warga.

"Meskipun begitu kami berharap adanya diskusi dan konsultasi untuk meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat Kabupaten Batang kedepannya," ujarnya.

Sementara Staf Ahli bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Kota Bekasi ,Sudarsono memberikan sambutan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tantri dan Kabid dari Bappeda, Satia menjelaskan bahwa Kota Sehat adalah kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.

"Berkaitan dengan tujuan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Bekasi, Kepala Daerah kami mempunyai beberapa inovasi, salah satunya adalah Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK).
"
KS-NIK merupakan program pelayanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Kota Bekasi
Di acara yang sama, Tantri selaku kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi memberikan paparannya terkait Capaian Kota Sehat Bekasi terbaru yaitu Swasti Saba wiwerda tahun 2017 oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Tantri membenarkan bahwa pelaksanaan KS-NIK bekerja sama dengan 14 Rumah Sakit juga bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit di luar Kota Bekasi.

Beberapa inovasi lain yang dilakukan Pemkot Bekasi adalah Car Free Day (CFD) dilaksanakan setiap hari Minggu, Spartan Komando (Sparko) untuk Aparatur Pemkot Bekasi, dan Si taro ( System antar obat ke rumah).

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan tukar menukar cinderamata antara Komisi B DPRD Kabupaten Batang dan Pemerintah Kota Bekasi.(Martinus)