Gangguan Kamtibmas Turun Selama Lebaran 2019

Iklan Semua Halaman

.

Gangguan Kamtibmas Turun Selama Lebaran 2019

Sku Metropolitan
Senin, 10 Juni 2019


JAKARTA, METRO- Polda Metro Jaya menyebut kasus gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menurun selama masa mudik Lebaran 2019. Kondisi ini lebih baik jika dibandingkan dengan operasi Ketupat Jaya 2018.


"Jumlah gangguan kamtibmas selama 29 Mei sampai 7 Juni untuk tahun 2018 ada 380 kasus. Sementara, pada 2019 sejumlah 180 kasus," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Senin (10/6/2019).


Menurut Kabid Humas, situasi tempat-tempat wisata seperti Monumen Nasional (Monas), Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga terpantau kondusif.


Kepolisian tidak menerima laporan kejahatan di tempat keramaian tersebut. "Untuk sekarang enggak ada laporan ya terkait itu (kejahatan)," ujar Kabid Humas. Meski demikian, Kabid Humas mengaku dalam operasi ketupat jaya 2019, pihaknya menerjunkan sejumlah personel ke lokasi wisata. Namun, ia enggan membeberkan jumlah personel. Yang jelas, personel itu ditempatkan di pos pengamanan yang telah dibuat.


"Untuk antisipasi kita turunkan personel di setiap pos pengamanan setiap obyek wisata. Baik itu yang menggunakan pakaian dinas maupun preman," tutur Kabid Humas.


"Untuk mengamankan lokasi wisata ini, kami juga berkolaborasi dengan masyarakat dan TNI. Dengan begitu, kejadian (gangguan kamtibmas) bisa diminimalisasi," pungkas Argo.