LSM GMBI Kota Bekasi Kawal Kartu Sehat Berbasis NIK

Iklan Semua Halaman

.

LSM GMBI Kota Bekasi Kawal Kartu Sehat Berbasis NIK

Sku Metropolitan
Rabu, 19 Juni 2019


BEKASI, METRO- LSM GMBI Distrik Kota Bekasi (Lembaga Swadaya Masyarakat. Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) Ratusan pendemo didepan gedung DPRD Kota Bekasi Terkait dengan KS. NIK (Kartu Sehat. berbasi. Nomor Induk Kependudukan) Rabu 19/6/2019. Dewan Pimpinan Distrik Kota Bekasi. 

Pernyataan sikap GMBI adalah, kesehatan kebutuhan dasar dan hak warga negara sesuai dengan amanat Undang undang dasar tahun 1945

Untuk menjamin kesehatan dan perlindungan kesehatan serta masyarakat memperoleh jaminan kesehatan serta memenuhi kebutuhan dasar kesehatan pemerintah Kota Bekasi pada tahun 2017 telah  meluncurkan program "Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan Kota Bekasi" (KS -NIK)

Kartu Sehat Berbasis NIK (Kartu Sehat- NIK) yang dalam pelaksanaan dan penggunaan, sepenuhnya dijamin oleh Pemerintah Kota Bekasi. Dapat dipergunakan dirumah sakit pemerintah serta rumah sakit swasta yang telah bekerjasama dengan Pemkot Bekasi, Ujar Sekretaris GMBI Asep Sukarya.

Adanya evaluasi dan perbaikan dalam sistem penggunaan Kartu Sehat Berbasis NIK (KS - NIK), adalah hal yang perlu dilakukan, agar masyarakat pengguna kartu sehat dapat terlayani dengan baik.
Kami sebagai masyarakat Kota Bekasi sangat terkejut dengan dengan PANSUS 31 yang menyatakan bahwa, kartu KS harus berintgrasi dengan BPJS kesehatan. Selama ini masyarakat sudah menyambut baik program walikota yang memberikan Kartu Sehata terhadap warganya, koq malah wakil rakyat yang menentangnya? Padahal DPRD tersebut mewakili rakyat.

GMBI menyatakan, menolak pansus 31 DPRD Kota Bekasi- yang akan merekomendasikan Kartu Sehat- NIK. Terintegrasikan dengan BPJS Kesehatan.

Masyarakat kota bekasi masih sangat butuh pelayanan kesehatan dengan kartu sehat yang saat ini dipergunakan.

Meminta kepada DPRD Kota Bekasi khususnya Pansus 31 DPRD Kota bekasi untuk memberikan penjelasan. Apa dasarnya Pansus 31 merekomendasikan Kartu Sehat Berbasis-NIK Terintegrasi dengan BPJS Kesehatan.

H.Tumai.SE. Ketua DPRD Kota Bekasi, mengatakan, masukan dari beberapa teman- teman expansus kerja, kalau begitu intinya apa kebijakan kalau KS itu cukup membawa manfaat bagi masyarakat, bisa dipertegas di rapat musyawarah, dari semua praksi – praksi jadi bagai mana gambaran, ujarnya, (Fthr)