Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, Pemkab Bekasi Wujudkan Kesejahteraan Lansia

Iklan Semua Halaman

.

Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, Pemkab Bekasi Wujudkan Kesejahteraan Lansia

Kamis, 27 Juni 2019




Capition Fhoto : Sambutan Asisten Daerah Bidang Pemerintah dan Kesra (Asda I) Juhandi di Gedung Wibawa Mukti Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Kamis (27/6)


BEKASI,METRO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Sosial mengelar peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional yang bertemakan “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermatabat” bertempat di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Kamis(27/6/2019).

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asda I), Juhandi mengatakan dalam mewujudkan komitmen yang kuat terhadap kesejahteraan sosial lansia, Pemkab Bekasi akan kembangkan lima strategi yakni pembangunan masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) kelanjutan usia, penguatan institusi pelaksana lansia, peningkatan perlindungan sosial, jaminan pendapat dan kapasitas individu, peningkatan kesehatan lansia, perlindungan, dan pemenuhan penghormatan terhadap lansia.

“Mudah-mudahan dengan adanya lima strategi ini saya harap bisa menjadi pedoman bagi kesejahteraan para lansia di Kabupaten Bekasi, sebagaimana yang sudah tercantum dalam undang-undang," ucpnya.

Dirinya juga mengatakan, bahwa lansia dapat signifikan dalam menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan kepada generasi muda agar dapat melaksanakan nilai hidup kebangsaan terhadap masyarakat Kabupaten Bekasi dan menghimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan aktif dalam mewujudkan lansia yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

“Saya harap untuk masyarakat kabupaten bekasi bisa ikut berpartisipasi untuk mewudkan lansia yang lebih mandiri dan menjadikan Lansia sebagai yang teladan bagi generasi muda," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid mengatakan dalam laporannya bahwa sebelum dilakukannya peringatan hari Lanjut Usia ini Dinas Sosial (Dinsos) telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan ( Dinkes) melalui UPTD Puskesmas telah melaksanakan pembinaan Lansia yang berjumlah 200 orang yang telah di lanksanakan di beberapa tempat diantaranya yaitu Yayasan Darul Ikhsan Kecamatan Tambun Utara, Yayasan Darul Rohman Kecamatan Sukawangi, Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Nurul Hidayah Kecamatan Babelan, Panti Sosial Krisna Wede Kecamatan Serang Baru, Yayasan Darul Hasani Kecamatan Tambun Selatan.

“Kami mengucapkan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan peringatan hari lanjut usia yang dilaksanakan pada hari ini dan semoga bisa berjalan dengan lancar kedepanya,”ucapnya.

Adapun kegiatan lainya pada peringatan hari lansia ini yaitu dengan adanya pengobatan secara gratis dan penyerahan sembako bagi para lansia.( Ely/Martinus)