Pemotongan Hewan di RPH Meningkat

Iklan Semua Halaman

.

Pemotongan Hewan di RPH Meningkat

Sku Metropolitan
Selasa, 04 Juni 2019


JAKARTA, METRO- Menjelang Lebaran, pemintaan pemotongan hewan meningkat di sembilan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang tersebar di Jakarta. 
Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan, Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan mengatakan, hari ini, Selasa (4/6) hari terakhir pihaknya melayani pemotongan hewan di RTH. Selanjutnya akan buka lagi pada 7 Juni mendatang.
"Jika dibandingkan dengan hari biasa, permintaan pemotongan hewan ini meningkat hingga 50 persen," ujarnya, Selasa (4/6). 
Dijelaskan Renova, jika hari biasa permintaan pemotongan sapi di RPH sebanyak 40.000-45.000 menjelang Lebaran permintaannya meningkat menjadi 60.000-65.000 ekor. 
Terkait hal itu pihaknya mengerahkan sebanyak 30 petugas Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta untuk melakukan pengawasan kesehatan masyarakat di RPH.  
Pengawasan dan monitoring meliputi pemeriksaan kesehatan ternak, penerapan sanitasi, dan higiene pada proses pemotongan guna menjamin produksi daging yang Aman Sehat Utuh dan Halal. (german/bj)