Orientasi Seksual Penyuka Sesama Jenis Kritis di Tulungagung

Iklan Semua Halaman

.

Orientasi Seksual Penyuka Sesama Jenis Kritis di Tulungagung

Jumat, 26 Juli 2019


TULUNAGUNG,METRO- Ratusan pria di Tulungagung ditengarai memiliki orientasi seks sesama jenis. 21 Dari ratusan pria tersebut diketahui positif mengidap HIV/AIDS. Jumlah tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan di Dinas Kesehatan Tulungagung. 

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap 175 LSL (Lelaki Seks Lelaki), 21 diantaranya positif HIV/AIDS. Mereka yang positif ini langsung kami lakukan penanganan dan diwajibkan untuk minum obat ARV," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung Didik Eka,Jumat (26/7/2019).

Baca Berita : 
Bupati Trenggalek Ngunduh Mantu
Polres Metro Memusnakan Barang.

Didik Eka  mengaku mengalami kesulitan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap 498 lelaki dengan orientasi seks sesama jenis yang ditemukan di Tulungagung. Baru 175 yang dilakukan pemeriksaan.

"Mereka komunitas yang cukup tertutup dan sulit ditembus, kami bisa menjangkau saja harus melalui komunitas-komunitas itu. Nah untuk bisa mendatangkan sampai tes itu merupakan perjuangan yang sulit dan rumit," terangnya. 

Proses pendekatan masih akan terus diupayakan oleh Dinas Kesehatan Tulungagung serta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terhadap sejumlah komunitas LSL. Pihaknya berharap dengan pendekatan secara persuasif tersebut LSL bisa dengan sukarela melakukan tes HIV/AIDS.

"Ya tentu peran dari kawan-kawan komunitas itu untuk menbantu mereka untuk tes di layanaan kami. Kami tidak bisa mendekati mereka langsung, makanya dari komunitas mendekati mereka dan dengan sukarela datang untuk tes," imbuhnya.

Ditempat terpisah,Sekretaris 1 komisi Penanggulangan AIDS kabupaten Tulungagung, Ifda Rohmaniah,M.PSi menyampaikan,membahas Dalam prespektif psikologi dalam kajian ilmiah bukanlah sebuah kepercayaan semata ,sehingga pandangan antara psikologi dan Agama akan berbeda.

"MengenaiLesbian,Gay,Biseksual,Transgender (LGBT) tentu Sangat menyentil Seksualitas ,Seksualitas itu tidak sama dengan hubungan Seks,dalam proses perkembangan anak Manusia secara prespektif," terangnya

Menurut Psikologi ada fase yang Perlu diperkenalkan ketika memiliki ,mulai tau tentang identitas biologis,identitas Gender,peran Gender hingga Orientasi Seksual.ketika dipertanyakan kenapa terjadi hubungan sesama Jenis,apa yang mempengaruhi dan apa tidak memiliki ketertarikan lawan Jenis.Hal itu Perlu diketahui bahwa tidak ada seseorang yang terlahir sebagai Gay atau Lesbian .

Fase perkembangan Seksualitas,Saat remaja dalam Psikoseksual mengalami fase Latin atau anak sudah mengenal Seks tetapi tidak Untuk menyalurkan secara biologis.

Orientasi Seksual dalam emosional pada orang lain ,baik sesama Jenis kelamin maupun berbeda Jenis kelamin,Hal ini dipengaruhi oleh biologis ,sosial maupun psikologis.(sar)