Penegak Hukum Didesak Turun, ada Dugaan Kadis Bakal Suap Dewan

Iklan Semua Halaman

.

Penegak Hukum Didesak Turun, ada Dugaan Kadis Bakal Suap Dewan

Senin, 22 Juli 2019


Ilustrasi


BEKASI,METROPenegak hukum didesak untuk memantau proses pemilihan Wakil Bupati Bekasi yang akan dilakukan oleh DPRD Kabupaten Bekasi dalam waktu dekat ini. Pasalnya, ada indikasi pengkondisian untuk anggota dewan yang diduga bakal dilakukan oleh para kepala dinas.

Pemuda Bekasi , nama samaran Asep mengatakan, penegak hukum baik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Tim Saber Pungli), harus turut andil untuk memantau proses pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Pasalnya, ada instruksi untuk pengkondisian anggota dewan melalui kepala dinas.

Berita sebelumnya :
Tata cara Pemilihan Wabup Bekasi
DPRD Kabupaten Bekasi Cabut Dua Raperda
Siapa Calon Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Gerindra
Tim Verifikasi PSU di Ragukan Kinerjanya.

"Saya mendapatkan informasi ada dugaan pengkondisian yang akan dilakukan oleh orang nomor 1 di Kabupaten Bekasi. Namun caranya sangat kreatif," katanya Asep melalui reles persnya ke Metropolitan, senin (22/7) malam.

"Apalagi pengkondisian yang dilakukan oleh orang nomor 1 itu, pasti ada aktor yang menyuruh. Nah, yang menjalankan itu kepala dinas," tambah dia.

Asep membeberkan, pengkondisian yang diduga bakal dilakukan oleh kepala dinas, bervariasi diduga dari angka Rp100 juta hingga mencapai Rp 300 juta per-satu orang anggota dewan.

"Angkanya fantastis untuk 1 anggota dewan memilih salah satu calon wakil bupati. Dan sangat miris, uang yang diberikan atas keterlibatan kepala dinas yang juga sebagai ASN," bebernya.

Asep berharap, pada kepala dinas yang juga sebagai aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak ikut terlibat dalam proses pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Apalagi, sampai ada pertemuan di Lippo Cikarang.

"Dengan informasi ini, saya berharap penegak hukum harus segera memantau. Dan para ASN juga jangan sampai terlibat. Yang sudah-sudah, OTT tidak pandang bulu," tegasnya.

Perlu diketahui, pemilihan Wakil Bupati Bekasi sudah memasuki tahap pemberian rekomendasi ke Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Kabupaten Bekasi, yang akan diberikan langsung oleh Bupati Bekasi. Selain itu, pemilihan tersebut dilakukan secara tertutup. (Martinus).