DPMD Bersama Polres Metro Bekasi Lakukan Pendampingan DD

Iklan Semua Halaman

.

DPMD Bersama Polres Metro Bekasi Lakukan Pendampingan DD

Sku Metropolitan
Kamis, 01 Agustus 2019



BEKASI, METRO -Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama pihak Polres Metro Bekasi, lakukan pendampingan Dana Desa (DD) Se-Kabupaten Bekasi, di gedung Wibawa Mukti, komplek Pemerintah daerah, kemarin (30/7).

Hal tersebut guna mengingatkan kepada kepala desa agar dalam menggunakan anggaran tersebut, sesuai dari Porgram yang ditetapkan.

Nurdi Kepala Satuan (Kasat) Babinsa, menjelaskan, bahwa keterlibatan pihak kepolisian tersebut, untuk nantinya, bisa mengingatkan kepala desa yang ada agar tidak bertentangan dengan hukum, dalam menggunakan anggaran.

“sebenarnya ini sebuah pekerjaan lama, antara kesepakatan Kapolri dan Mendagri, tentang pendampingan Dana Desa, dan kami mulai merevitalisasi kembali, karena terkait hasil penelitian STIK PTIK dan itu mendapat dua kesimpulan, yang pertama, adanya keengganan dari rekan-rekan kades, soal informasi dana desa yang ditanya oleh rekan babin,”kataya.

Namun begitu, tambahnya, yang kedua, adanya kekurangan ketidak pahaman dari rekan-rekan Babin, terhadap perannya soal pendampingan dana desa itu sendiri.

Baca Berita : 
Sidang Lanjutan Fitnah Ijazah Walikota Bekasi
Penyusunan APBD Diminta Perhatikan Skala Perioritas
Terapkan Aturan Larangan Ikan Rokok, Pemkab Bekasi Terima Penghargaan

“maka dari itu kita libatkan Babin dan Kades se-Kabupaten Bekasi, untuk mengingatkan kembali, karena, semuanya sudah tertuang dan tertulis secara SOP disana dan jelas,”tegasnya.

Selain itu di tempat yang sama, kepala Dinas DPMD kabupaten Bekasi Ida Farida juga menegaskan bahwa pendampingan Dana Desa tersebut bukan semata hanya mengingatkan agar kepala desa dalam penggunaan anggaran, tetapi, harus ada publikasi, atau keterbuakaan yang jelas dalam menggunakan anggaran.

“sebenarnya, keterbuakaan ini perlu dilakukan, agar, baik dari tingkat masyarakat serta BPD yang ada, juga mengetahui alokasi anggaran yang terpakai, “ucapnya.

 Namun begitu, menurutnya, dengan diadakan kegiatan seperti ini, tentunya menjadi upaya perfentif, baik dari pihak DPMD serta Kepolisian, sehingga betul-betul alokasi dana desa tersebut yang di harapkan dari Presiden, Gubenur,sampai dengan Bupati, dan ini adalah benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat.

“intinya kita mau alokasi dana desa yang digunakan harus sesuai, dan tepat sasaran, dan itupun didorong dengan adanya keterbukaan”tutupnya. ( Ely)