KKN 49 UMM Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Kesehatan Gratis di Desa Kemiri

Iklan Semua Halaman

.

KKN 49 UMM Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Kesehatan Gratis di Desa Kemiri

Rabu, 07 Agustus 2019


MALANG, METRO– Rangkaian kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 49 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Divisi Kesehatan di Desa Kemiri, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang bertepatan dengan dirgahayu kemerdekaan RI adalah menggelar kegiatan pengobatan gratis, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat lanjut usia dan warga kurang mampu itu digelar di Balai Desa Kemiri pada pukul 09.00 sd 14.00 WIB. Diawali dengan anamnesis/wawancara dan dilanjut dengan pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula Darah. 

Koordinator Divisi Kesehatan KKN 49 UMM, Nova Dhika Wijaya mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini sangat penting untuk masyarakat yang sudah lanjut usia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Kemiri.

"Selain itu, untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat Desa Kemiri untuk mendeteksi penyakit lebih dini," ujar Nova Dhika Wijaya, mahasiswa fakultas kedokteran UMM itu.

Di akhir kegiatan pengobatan gratis itu, dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan pemberian obat kepada pasien. Kegiatan pengobatan gratis ini didukung oleh aparat Desa Kemiri dan juga bidan serta perawat setempat. 

"Kami bersyukur, karena masyarakat menyamput program ini dengan begitu antusias," tambah Nova lagi. 

Sementara itu, di tempat yang sama, mahasiswa KKN 49 UMM Divisi Ekonomi, Adil Abdul Hakim menambahkan, program pengobatan gratis ini merupakan kerjasama dari mahasiswa KKN 49 UMM dan Tim Mahasiswa Peduli Kesehatan (TIMAPKES) UMM.

"Kolaborasi yang mahasiswa KKN 49 dan TIMAPKES UMM yang didukung oleh doker dan para bidan desa, sangat bermanfaat bagi warga Desa Kemiri. Karena melalui program pengobatan ini, mereka bisa memeriksakan kesehatan secara gratis," ujar Adil Abdul Hakim, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UMM itu. (sar)

Baca Berita :

Masa Jabatan Berakhir, Hak Keuangan Keuangan DPRD Bekasi Dicabut.
Safari Bupati Bekasi Bertajuk One Day Service di Cikarang Timur
Dampak Limbah Pertamina,Nyumarno Desak Ganti Rugi Bagi Warga Bekasi