MK Perintahkan KPU Cek Data C1 di Desa Telaga Murni

Iklan Semua Halaman

.

MK Perintahkan KPU Cek Data C1 di Desa Telaga Murni

Senin, 12 Agustus 2019


BEKASI,METRO - Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dengan Nomor 199-05-12/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Dalam putusannya, terdapat tujuh putusan gugatan di Kabupaten Bekasi. Dari tujuh gugatan, enam diantaranya tidak diterima atau ditolak, sementara satu gugatan yang dilayangkan Partai NasDem dari dapil 2 atasnama Ranio Abadillah diterima sebagian.

"Dalam amar putusan MK, terdapat satu gugatan yang diterima sebagian. Untuk itu kita akan menyampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) terkait dengan permohonan petunjuk teknis penyandingannya, karena memang yang diperintah MK itu KPU RI bukan KPU Kabupaten Bekasi tadi kita sampaikan ke forum saat rapat," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin. Senin (12/9).

Dalam amar putusan itu, kata dia, KPU diperintahkan untuk melakukan penyandingan data pada formulir C1 dengan C1 Plano untuk di TPS-TPS di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat.

"Di Desa Telaga Murni ada sebanyak 117 TPS. Tapi yang dianggap sudah disandingkan ada 75 TPS, kita diminta untuk menyandingkan di TPS sisanya. Baru setelah itu dilakukan penggabungan. Kita diberi waktu hingga 14 hari kerja. Di Amar putusan itu juga kita gak perlu melaporkan hasilnya ke MK," ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, jelas Jajang, secara langsung mempengaruhi jadwal penetapan anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang semula dijadwalkan Selasa (13/8) esok.

"Karena adanya gugatan yang diterima sebagian ini dapat mempengaruhi ke jadwal penetapan, jadwalnya jadi mundur belum bisa dipastikan kapannya, pokoknya sampai selesai ditindaklanjuti putusnya MK ini aja," tandasnya. (Ely)