Trenggalek Ethnic Carnival, Satukan Budaya Nusantara

Iklan Semua Halaman

.

Trenggalek Ethnic Carnival, Satukan Budaya Nusantara

Sku Metropolitan
Sabtu, 03 Agustus 2019


TRENGGALEK, METRO– Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur merayakan Hari Jadi Kemerdekaan  Republik Indonesia Ke-74.dengan menggelar  Pawai Etnik Carnival kategori SMA, SMK dan Umum, Sabtu (3/8/2019). 

Pawai budaya ethnik nusantara ini ditampilkan oleh para siswa Sekolah Menengah Atas, Kejuruan dan umum dengan menyusuri rute di jalan utama Kabupaten Trenggalek. Selain pawai, ada juga pertunjukan kesenian khas daerah Trenggalek, antara lain, Jaranan Turonggo Yakso, tiban, Barongan, pencak silat dan tari-tarian daerah. 


Ada juga penampilan tari reog, tiban, barongan, pewayangan dan Jaranan. 
Warga Trenggalek menyambut antusias pawai budaya itu. Mereka memenuhi pinggir jalan raya untuk melihat dari dekat  berbagai penampilan para siswa dan umum yang sedang berkarnaval.

Trenggalek Meroket diangkat menjadi tema dalam pagelaran tersebut. Meroket merupakan semboyan baru Kabupaten Trenggalek yang digagas Bupati Mochamad Nur Arifin. Kata itu akronim dari maju ekonomi rakyatnya, orang dan organisasinya kreatif, dan ekosistemnya terjaga.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin menyampaikan, meroket adalah spirit bagi para aparatur sipil negara dan masyarakat di Trenggalek.

“Jadi ekonominya bagus, sumberdaya manusianya bagus dan ekosistemnya terjaga. Itu saja semangat sebenarnya dalam mengangkat tema Trenggalek Meroket, "kata Bupati Ipin sapaan akrabnya, disela-sela acara

Meski merupakan acara rutin tahunan, ada yang berbeda dalam pagelaran tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, ethnik karnival berkaitan erat dengan tradisi lokal Trenggalek. Sementara pada tahun ini, berbagai tradisi di nusantara turut ditampilkan

“Harapannya kita tidak sekadar mengembangkan tradisi sendiri, tapi juga menampilkan tradisi di seluruh nusantara. Pesan yang perlu kami sampaikan lewat kegiatan ini adalah kesatuan,” terang Bupati termuda di Indonesia ini. 


Sebelumnya, acara ethnik carnival hampir selalu digelar di akhir pekan. Menurut Mas Ipin, pemilihan waktu pelaksanaan hari ini agar even-even lain bisa terlaksana sesuai jadwal.

Sebagai rangkaian acara HUT RI,  sebelumnya juga digelar pawai untuk kategori SD/MI dan SMP/MTs pada hari Jumat, (2/8/2019). Sehari kemudian juga bakal digelar Pawai Pop Culture. Acara itu menyajikan pawai kostum berbagai rupa dan kreasi.

Sementara itu salah seorang penonton, Windi (26)  warga kecamatan Suruh yang jauh-jauh datang ke kota Trenggalek untuk menyaksikan pawai mengaku puas dengan gelaran budaya ini

" Setiap tahun saya menonton pawai budaya ini, semoga tahun yang akan datang lebih meriah lagi, " harapnya (sar) 

Baca Berita :
Safari Bupati Bekasi Bertajuk One Day Service di Cikarang Timur

Dampak Limbah Pertamina,Nyumarno Desak Ganti Rugi Bagi Warga Bekasi