Desa Duren Buka Jalan Baru Untuk Warganya

Iklan Semua Halaman

.

Desa Duren Buka Jalan Baru Untuk Warganya

Sku Metropolitan
Kamis, 12 September 2019


TRENGGALEK, METRO– Manfaat Dana Desa (DD) untuk tahun ini sangat dirasakan oleh Warga Desa Duren, kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, pasalnya pemanfaatan Anggaran yang turun  tahun ini sebagian diperuntukan untuk membuka akses jalan baru. 


Kepala Desa Duren, Basuki Widodo mengungkapkan bahwa tahun ini bisa meningkatkan kwalitas jalan beberapa titik serta membuka jalan baru penghubung antar lingkungan dan wilayah serta jalur pertanian. Pembukaan jalan ini berdasarkan aspirasi masyarakat kemudian dimusyawarahkan dengan tujuan agar transportasi lancar serta mobilisasi hasil pertanian mudah.


“jadi kita buka jalan baru itu tepatnya di RT 5 dan 14. Sedang pekerjaan beberapa titik yang lain kita mengerjakan apa yang sudah diprogramkan pada APB-Des sebelumnya dimana saya dilantik akhir bulan april sehingga tinggal melaksanakan APB-Des   dari Perdes tahun kemarin," terangnya

Lanjutnya, Ada rabat jalan di dusun Jaten, dusun Gebang yang sudah selesai dikerjakan. untuk jalan alternatif di RT 14 alhamdulillah juga sudah selesai, sedang yg di RT 5 InsyaAlloh kita programkan paving pada PAK-Des bulan Oktober 2019 nanti kerena belum dianggarkan di APB-Des.

" Ada beberapa pos APB -Des yang harus kita tinjau karena berada pada wilayah kewenangan pemerintah daerah dan kita geser dengan perubahan anggaran kembali pada PAK-Des oktober nanti, "ungkapnya

Ditanya tentang manfaat langsung bagi masyarakat, kades ini mengakui sangat besar manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat. "dengan adanya program pusat dari pak Jokowi ini, dimana membangun Indonesia dari pinggiran sangat tepat sasaran, insfrastruktur pedesaan akan cepat tuntas sehingga akan merangsang pertumbuhan ekonomi dan sektor lain, sedang secara langsung juga ada lapangan pekerjaan dimana masyarakat bisa ikut bekerja dan mendapatkan upah dari penggunaan Dana Desa tersebut” Ungkapnya pada koran METROPOLITAN baru-baru ini.

Lanjutnya, Kades yang juga piawai memainkan (Dalang) wayang kulit dan sering pentas ini mengatakan bahwa jalan baru yang dibuka itu merupakan jalan lingkar dan alternatif bagi warga yang beraktifitas baik jalur pertanian maupun penghubung antar wilayah karena untuk mengolah  pertanian maupun mengangkut hasil pertanian bisa menggunakan jalan tersebut dengan lebih mudah dan aman. 

Dengan dibukanya jalan baru ini lanjut Basuki agar perekonomian masyarakat di desa Duren terus meningkat. "jalan baru di RT 5 lebih prioritas pada jalur pertanian yang diharapkan mampu meningkatkan produktifitasnya, sedang di RT 14 lebih utama pada jalur alternatif agar lebih landai dan aman bagi pengendara karena jalur Poros utama antar desa yang selama ini digunakan sangat curam dan ekstream, jadi tidak semua warga berani melewati jalur tersebut. apalagi kondisi jalan Poros desa sudah rusak dan pihak desa tidak punya wewenang untuk memperbaiki karena jalan tersebut milik pemkab Trenggalek, " terangnya

Dia berharap dengan peningkatan kualitas jalan dan pembangunan, akses jalan baru tersebut warga masyarakat beraktifitas dengan lancar serta mobilisasi hasil pertanian juga lebih mudah yang tentunya bisa meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian warga akan terus meningkat, dimana desa Duren mempunyai potensi hasil pertanian yang besar komoditas ketela, jagung dan palawija lainya.(sar)