Dinas Perikanan Tulungagung Gelar Lomba Masak Lodho Ikan Patin

Iklan Semua Halaman

.

Dinas Perikanan Tulungagung Gelar Lomba Masak Lodho Ikan Patin

Sku Metropolitan
Jumat, 27 September 2019


TULUNGAGUNG, METRO - Dinas perikanan kabupaten Tulungagung gelar lomba masak lodho ikan Patin tingkat kabupaten tahun 2019 yang diikuti oleh  20 peserta dari Fattayat NU Anak Cabang Tulungagung, Jumat (27/9/2019) 

Acara yang digelar di halaman GOR Lembupeteng ini dalam rangka Gebyar Pasar Rakyat Muslimat NU dan Harlah Muslimat NU ke-73 serta dalam rangka Hari Jadi Tulungagung ke-814. 

Lomba ini, merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan patin

Kepala Dinas Perikanan kabupaten Tulungagung, Ir Tatang Suhartono, Msi melalui kabid bidang usaha Ir Rodi,M.MA mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan patin terus meningkat tiap tahunnya, dan kreasi kuliner berbahan baku ikan patin akan menjadi daya tarik wisatawan dan mendukung program pemerintah gemar makan ikan.

"Kriteria penilaian tidak hanya soal rasa yang nikmat, tapi juga kandungan gizi,aman dikonsumsi,kebersihan, dan cara penyajian, " ujarnya

Rodi mengatakan, tingkat konsumsi ikan rata-rata nasional 50,65 kilo gram per kapita per tahun atau 138,76 per gram per hari,sedangkan konsumsi ikan masyarakat di Tulungagung rata-rata masih tergolong rendah 39,57 perkapita pertahun atau 108,41 gram per kapita per hari. 

"Rata-rata konsumsi ikan di masyarakat masih dibawah target nasional tapi diatas Provinsi Jatim. namun demikian, tingkat rata-rata konsumsi ikan per kapita pertahun selalu naik signifikan, " terangnya. 

Lanjut Rodi, saya berharap hasil dari lomba masak lodho ikan patin ini, dapat menciptakan kreasi menu masakan berbahan baku ikan patin yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan  dibidang kuliner di Tulungagung, ” ungkapnya

Lomba ini diikuti tim Fattayat NU se-Tulungagung dan terdiri dari 20 tim, mereka diminta untuk menyajikan masakan lodho berbahan ikan patin

Salah satu peserta asal kecamatan Kedungwaru,Yayuk (39) mengatakan bahwa kegiatan lomba masak lodho ikan patin ini sangat menarik, sebab selama ini memasak  dengan menu lodho patin belum populer di masyarakat.

"Adanya lomba masak lodho ikan patin ini masyarakat akan lebih banyak variasi untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan patin,sehingga masyarakat akan lebih gemar memakan ikan" ujarnya. 

Setelah melalui proses penjurian dari tim juri lomba masak lodho patin,peserta dari Fattayat NU se-kabupaten Tulungagung. 

Juara ke 1 : nomor peserta 17 dari kecamatan Karangrejo. Juara ke II : nomor peserta 16 dari kecamatan Pagerwojo. Juara ke III : nomor peserta 14 dari kecamatan Sumbergempol. Juara harapan ke 1 : nomor peserta 13 dari kecamatan Kedungwaru. Juara harapan ke II : nomor peserta 8 dari kecamatan Kalidawir.