Lingkungan Sekolah Kusam Akibat Puing Bongkaran Rumah Dinas Guru

Iklan Semua Halaman

.

Lingkungan Sekolah Kusam Akibat Puing Bongkaran Rumah Dinas Guru

Sku Metropolitan
Jumat, 20 September 2019

BEKASI, METRO- Puing bekas bongkaran bangunan rumah dinas guru dan penjaga SDN Kota Baru IX kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Jawa barat menumpuk tak tetawat.  Tumpukan puing ini tampak wajah dan lingkungan sekolah menjadi kusam dan gersang.

Seorang warga sekolah mengatakan, sengaja menumpuk tidak membuang puing bongkaran bangunan rumah dinas itu karena nantinya akan digunakan meninggikan bila nanti dibangun kembali.  "Itu puing dipakai untuk meninggikan agar tidak banjir,karena halam sekolah ini rata dengan jalan, "kata seirang guru.

Selintas terlihat kumuh, gersang dan tidak nyaman, tapi karena untuk digunakan nanti dibiarkan menumpuk.  Sudah mengusulkan, dan pihak pemkit sudah datang mensurvey, katanya akan dibangun.  Daripada beli tanah untuk mengurug, makanya pakai ouing bekas bongkaran itu saja dipakai, ucapnya.
Tahun 2017 Dinas Pendidikan Kota Bekasi memerintahkan membongkar rumah dinas guru dan penjaga SDN Kota Baru IX kecamatan Bekasi Barat, kota bekasi. Alasannya disamping bangunan lama kondisinya sudah pada kropos dan lapuk tidak layak huni.

Sempat dijadikan kantin sekolah, agar anak-anak saat istirahat tidak keluar pagar sekolah tapi, rada was-was selalu menghantui.

Pembongkaran dilakukan dua tahun lalu atau 2017.Kini anak-kanak untuk jajan saat istirahat keluar pagar sekolah menyeberang jalan utama perumahan. Puing bangunan hingga sekarng menumpuk di lahan eks bangunan itu.  Awalnya demi keamanan dan keselamatan siswa, tapi karena puingnya tidak diangkut keluar menjadi terlihat kumuh dan gersang.

Maksud sekolah tidak membuang puing, untuk nanti dipergunakan meninggikan agar tidak banjir bila pemkot membangun kembali. Dinas pendifikan Kota Bekasi yang membongkar bangunan. 

"Sudah bangunan lama dan sudah pada lapuk, daripada mengancam anak-anak bagusnya dibongkar, sekolah juga tak was-was, "kata seorang warga sekolah,Ip (52).

Kepala SDN Kota Baru IX, belum berhasil dikonfirmasi, tapi sejumlah tenaga pengajar mengatakan, sudah bagus dibongkar, anak pun aman. Ketika bangunan belum dibongkar pihak sekolah was-was kebetulan di tempat itu kantin sekolah.  Setelah dibongkar perasaan lega anak-anak aman bermain di halaman sekolah, tutur para guru.

Sudah diusul untuk dibangun kembali, tapi belum terealisasi.  "usul sih sudah,tapi belum hasil.  Mudah-mudahan tahun depan (2020-red)direalisasi pemerintah kalau belum bisa tahun ini (2019-red).

Pejabat Dinas Pendidikan Kota Bekasi membenarkan memerintahkan membongkar rumah dinas guru dan penjaga SDN Kota Baru IX.  Alasan,menghindari korban jatuhan reruntuhan bangunan.Sudah lapuk jadi rawan untuk anak didik.Daripada terancam keselamatan anak didik memerintahkan untuk dibongkar, katanya.

Menurutnya, keterbatasan anggaran tentu mengefisienkan penggunaan anggaran dengan mengutamakan skala prioritas. Pertimbangannya, SDN Kota Baru IX masih memiliki ruang kelas yang cukup dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM), ujarnya.(sardin),