Pemkab Bekasi Terapkan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa Secara Nontunai

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Bekasi Terapkan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa Secara Nontunai

Rabu, 18 September 2019


BEKASI, METRO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai oktober 2019 akan menerapkan sistem pengelolaan keuangan desa secara nontunai.Sistem ini diciptakan untuk pengelolaan dana desa dapat menjadi  lebih tertib,efisien,dan transparan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengungkapkan bahwa kalau tidak ada hambatan mulai bulan oktober 2019 pengelolaan dana desa akan diterapkan sistem pembayaran non tunai

"Kalau selama ini pemanfaatan dan pembayaran menggunakan sistem giro sekarang kita menggunakan sistem pembayarannya non tunai," kata Ida di Aula Diskominfosantik, Cikarang Pusat, Rabu (18/9/2019).

Ida menuturkan, bahwa Sistem pembayaran dan pembelanjaan secara nontunai ini merupakan salah satu konsep dari program Smart Village

"Kedepannya Smart Village adalah menggunakan IT, m-Banking sudah bisa berjalan. Tentunya persiapan infrastruktur dari Bank Jabar. Tapi yang sekarang ini kita dorong semua alokasi dana desa pembelanjaan dan pembayarannya nontunai,” ungkapnya

Kata Ida, penggunaan dana semua mekanismenya transfer sehingga dapat mengetahui kerening siapa dibayarkan dan dipantau oleh masyarakat.

"Mekanismenya transfer ketauan rekeningnya ke siapa dibayarnya masyarakat juga bisa bisa tahu," ungkap Ida.

Ida menambahkan, dengan sistem pembayaran nontunai maka tidak akan ada lagi hambatan dalam penyusunan pertanggungjawabannnya. Bahkan dengan sistem tersebut akan mempercepat penyusunan laporan pertanggungjawaban.

“Kemarin kan masih ada hambatan. Ada beralasan masih belum bisa cair, SPJ-nya ada keterlambatan dan lainnya . Maka dengan sistem tentunya akan lebih cepat. ,” katanya. (Ely/Martinus)