Persoalan Kebersihan Tanggung Jawab Bersama

Iklan Semua Halaman

.

Persoalan Kebersihan Tanggung Jawab Bersama

Rabu, 04 September 2019


BEKASI, METRO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menekankan perilaku untuk selalu menjaga kebersihan kepada masyarakat. Baik kebersihan lingkungan tempat tinggal maupun di tempat umum.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Kuswaya mengatakan, Kabupaten Bekasi akan menghadapi penilaian Adipura. Oleh karena itu perilaku untuk selalu menjaga kebersihan perlu dilakukan.

“Sebenarnya yang kita tekankan perilaku kita untuk senantiasa menjaga kebersihan,” katanya.

Persoalan kebersihan, kata Kuswaya, menjadi tanggungjawab bersama. Karena lingkungan yang bersih akan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Ya kita harus sama-sama menjaga kebersihan. Itu kan buat kita dan orang di sekitar kita juga. Kan aneh kalau di perumahan tapi sampahnya banyak. Kalau begitu masyarakatnya mau bersih gak?,” ungkapnya.

Menurut Kuswaya, kepedulian masyarakat terhadap kebersihan harus ditingkatkan. Bukan hanya pada saat akan penilaian Adipura, tapi perilaku menjaga kebersihan harus dilakukan setiap hari.

“Memang untuk merubah sesuatu itu tidak mudah. Membutuhkan waktu dan proses,” katanya.

Untuk mendapat penilaian yang bagus, menurut Kuswaya tidak sulit. Asalkan seluruh masyarakat selalu menjaga kondisi lingkungannya agar selalu bersih dari sampah dan kotoran lainnya.

“Kalau dari kami sudah ada forum dan bank sampah yang kita tingkatkan kapasitas mereka. Karena kalau masyarakat sudah memahami maka bisa dikendalikan,” ungkapnya.