90 orang Muda ikuti SKPP Banwaslu Kab.Bekasi

Iklan Semua Halaman

.

90 orang Muda ikuti SKPP Banwaslu Kab.Bekasi

Sku Metropolitan
Senin, 25 November 2019


BEKASI, METRO - Sebanyak 90 anak muda mengikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang diadakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian Kabupaten Bekasi, Senin (25/11/2019).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri mengatakan, SKPP dilakukan serentak se-Indonesia. Sedangkan Jawa Barat menjadi pilot project pelaksanaan SKPP.
“Kabupaten/kota se-Jawa Barat melakukan SKPP serentak pada bulan November,” katanya.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta yang aktif di organisasi kepemudaan ini ditekankan agar mengikuti seluruh kegiatan secara serius. Karena di akhir SKPP akan ada penilaian yang menyatakan lulus atau tidak.
“Di akhir sekolah pengawasan ini nantinya peserta juga kan mendapatka sertifikat kelulusan. Itu sebagai bukti bahwa mereka telah melewati proses pembelajaran sekolah kader pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Dari 90 peserta SKPP, 65 orang di antaranya lelaki dan sisanya perempuan. Penjaringan peserta dilakukan melalui seleksi administrasi dan wawancara sejak 13 November 2019.

“SKPP ada tiga tingkatan. Yaitu, tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjutan,” katanya.

Jika peserta dinyatakan lulus pada SKPP saat ini dan ingin melanjutkan ke tahapan berikutnya, kata Syaiful, akan difasilitasi oleh Bawaslu Kabupaten Bekasi ataupun Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

“SKPP ini dilakukan dengan tujuan untuk melaksanakan fungsi pendidikan Bawaslu dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan Pemilu,” katanya.

“Diharapkan dengan program SKPP ini dapat menjaring kader-kader muda sebagai unjung tombak pengawasan pemilu. Serta dapat bersinergi dengan Bawaslu Kabupaten Bekasi untuk mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil,” imbuhnya ( Ely)

Baca Berita :