Bupati Resmikan IPA Dari Ditjen Cipta Karya

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Resmikan IPA Dari Ditjen Cipta Karya

Sku Metropolitan
Selasa, 26 November 2019


TRENGGALEK, METRO - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin meresmikan operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA), di Dusun Tumpak Mulyo Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek. IPA bantuan dari Ditjend Cipta Karya Kementrian PUPR, dengan  pendanaan pinjaman dari Hungaria ini dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang diserahkan kembali kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirto Wening Trenggalek, Senin (25/11/2019).


Kegembiraan terlihat dari raut Wajah Bupati Trenggalek ini karena air yang dihasilkan sudah layak minum.

Bupati Trenggalek mengatakan,"patut disyukuri keberadaan IPA di Trenggalek sudah dapat dirasakan manfaatnya. Apalagi Trenggalek mendapatkan 2 Instalasi Pengelolaan Air sekaligus," ungkapnya.

Cukup beruntung karena tidak semua daerah mendapatkan bantuan ini,  padahal màsih banyak Provinsi dan Kabupaten Trenggalek yang belum mendapatkan bantuan IPA ini.

Bupati Trenggalek menambahkan, "kita masih punya PR air bersih kepada masyarakat. sampai sejauh ini baru 77,7 persen masyarakat yang dilayani air bersih baik dari PDAM, Pamsimas atau program lainnya," terangnya

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Trenggalek Mariyati, membenarkan hal tersebut. dia menjelaskan,"Instalasi  Pengolahan Air ini merupakan batuan hibah dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang melalui dana pinjaman dari Pemerintah Hungaria. Dari Ditjen Cipta Karya dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan selanjutnya diserahkan kepada PDAM, " terangnya.

Lanjutnya, manfaat IPA sendiri untuk menambah kapasitas  pendistribusian air minum, kepada masyarakat. kapasitas mesin otomatis ini dapat menghasilkan 40 liter air minum perdetik, untuk 3.200 pelanggan. Sudah ada existing yang lama dengan kapasitas 50 liter perdetik namun dilakukan secara manual. bila digabung dapat menghasilkan  90 liter perdetik, cukup untuk pendistribusian air kepada 7.200 pelanggan untuk mencukupi kebutuhan Kecamatan Kota, Pogalan Tugu dan Karangan. Sedangkan tujuan dari IPA sendiri ditujukan untuk masyarakat dengan perinsip 3K, Kontinuitas, Kuantitas dan Kualitas," pungkas Mariyati (sar) 

Baca Berita :