Hujan Deras Hantui Warga Tapaktuan dan Sekitarnya

Iklan Semua Halaman

.

Hujan Deras Hantui Warga Tapaktuan dan Sekitarnya

Sku Metropolitan
Jumat, 22 November 2019

Add caption

ACEH SELATAN, METRO - Sejumlah rumah penduduk dan Kantor Keuchik Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, tertimbun longsoran gunung, Jum'at (22/11/2019).

Menurut informasi, kejadian tersebut dipicu  hujan deras mengguyur  sejak  pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB Subuh Jum'at. Hingga menyebabkan lumpur dan bebatuan dari pegunungan    masuk ke dalam rumah warga dan Kantor Keuchik.

"Kejadiannya tiba - tiba, sekira pukul 03.00 WIB, kami dikejutkan suara antaman lumpur dan bebatuan memasuki ke dalam rumah," kata sejumlah warga Gampong Lhok Bengkuang kepada wartawan di lokasi.

Atas kejadian tersebut, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD)  dan Dinas Penataan Umum dan Penataan Ruang  Aceh Selatan,  telah mengerahkan alat berat dan armada Damkar  untuk membersihkan endapan lumpur di badan jalan  serta  di dalam rumah warga.

Diketahui, material lumpur disertai bebatuan yang diseret  arus curahan hujan dari arah pegunungan itu kerap terjadi dalam beberapa hari terakhir, paska penggerukan gunung di lintasan Gampong Panton Luas.

Baca Berita :

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan, Siska Elviadi Rajo Evi saat mendampingi tinjauan Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran  di lokasi  mengatakan, kejadian ini harus mendapat perhatian khusus dari pihak terkait.

"Karena kejadian ini sudah  berulang - ulang disetiap musim penghujan.  Material lumpur disertai bebatuan itu  dibawa arus curahan hujan dari arah pegunungan," ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Tgk Amran meninjau langsung rumah penduduk dan kantor keuchik, yang tertimbun longsor. Selanjutnya juga meninjau  titik longsor di kawasan pegunungan.

Wabup Tgk Amran mengatakan, persoalan ini akan  ditindaklanjuti secara berkoordinasi  dengan unsur terkait.  "Kita akan upayakan kejadian ini tidak terulang lagi," ucapnya.