Wabup Edward Antony Menghadiri Penyerahan DIPA Tahun 2020

Iklan Semua Halaman

.

Wabup Edward Antony Menghadiri Penyerahan DIPA Tahun 2020

Sku Metropolitan
Kamis, 21 November 2019



LAMPUNG,METRO - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyerahkan dokumen Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan yang diterima wakil Bupati  Kabupaten Way Kanan DR. Drs. H. Edward Antony, M.M didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Drs. Rudi Joko Kurnianto, S.H

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan, bahwa Presiden telah melakukan transfer Anggaran kepada Gubernur se-Indonesia pada tanggal 14 November 2019. Dan tugas Gubernur selaku Wakil Pemerintah Daerah untuk menyerahkan DIPA APBN kepada seluruh Satuan Kerja dan Instansi Vertikal di Provinsi Lammpung dan Pemerintah Kabupaten 

“Alokasi DIPA Provinsi Lampung untuk APBN Tahun 2020 sebesar Rp 10.762 Triliun dimana mengalami peningkatan 7.92% dari APBN awal Tahun 2019 yaitu sebesar Rp 9.971 Triliun,” kata Gubernur di hotel Novotel,Bandar lampung, Kamis (21/11).

Dungan dari APBN Untuk Tahun Anggaran 2020, kata Gubernur  ditetapkan sebesar Rp 7.7 Triliun sehingga kapasitas fiskal di Provinsi Lampung dari APBN dan APBD sebesaar Rp 18.45 Triliun belum termasuk APBD Kabupaten/kota dengan total alokasi diperkirakan sebesar Rp 24.77 Triliun. 

Sehingga total kekuatan fiskal Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2020 termasuk Kabupaten/Kota sebesar Rp 43.23 Triliun dengan peningkatan sebesar 4.19% dari Tahun 2019 sebesar Rp 41.52 Triliun.

“Kekuatan fiskal dapat menjadi stimulan dalam proses pembangunan yang tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah, tetapi seluruh masyarakat terutama menggerakkan investasi dari kalangan swasta dimana sesuai dengan arahan Presiden bahwa Provinsi Lampung bisa dibangun dengan peran serta seluruh elemen,” Harapan Gubernur kepada Perangkat Daerah serta Instansi Vertikal Provinsi Lampung serta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung.

Gubernurnya juga menyampaiakan bahwa Pemerintah Pusat telah menetapkan 5 prioritas kerja Tahun 2019-2024 yang salah satunya yaitu APBN dan APBD fokus dan tepat sasaran. Selanjutnya, melalui Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020 dengan tema “Peningkatan SDM Untuk Pertumbuhan Berkualitas”, telah meletakkan lima prioritas pembangunan yaitu pertama Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, kedua Infrastruktur dan pemerataan wilayah, prioritas ketiga yaitu peningnkatan nilai tambah sektor riil industralisasi dan kesempatan kerja. Kemudian prioritas keempat yaitu ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup serta prioritas kelima yaitu stabilitas pertahanan dan keamanan. ( Efendi)