Iswara : Jadwal Pendaftaran Cawabup Bekasi Dirubah Sepihak Oleh Panlih

Iklan Semua Halaman

.

Iswara : Jadwal Pendaftaran Cawabup Bekasi Dirubah Sepihak Oleh Panlih

Sku Metropolitan
Kamis, 19 Desember 2019

BEKASI, METRO – Penutupan Jadwal pendaftaran calon Wakill Bupati (Cawabup) Bekasi oleh panitia pemilihan (Panlih) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi hari ini, Rabu (18/12) dinilai menjadi preseden kurang baik sebab jadwal yang sudah ditetapkan dalam forum Paripurna bisa di rubah sepihak oleh Panlih.

Demikian hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPD Provinsi Jawa Barat M,Q Iswara kepada Metropolitan, saat keluar dari Kantor DPRD Kabupaten Bekasi usai hendak melakukan pendaftaran nama calon wakil Bupati Bekasi.

“Ini adalah preseden yang kurang baik bahwa apa yang telah diputuskan/jadwalkan oleh paripurna dapat digugurkan oleh forum panlih. Harunya batalkanya, digugurkannya dirubahnya  dalam forum paripurna lagi.,”tegasnya saat dikompirmasi Metropolitan saat hendak mendaftarkan Calon Wakil Bupati Bekasi di Kantor DPRD Kabupaten Bekasi, Selasa ( 18/12) malam.

Dalam Jadwal yang terimanya, Iswara mengatakan pendaftaran dimulai dari jam 14;00 Wib hingga selesai. kedatangannya pun sebelumnya sudah dilakukan komunikasikan akan tiba Magrib dikantor DPRD kabupaten Bekasi 

“Tapi karena dijalan macetnya ternyata pendaftaran sudah ditutup,pada hal saat komunikasi lisan pada jam 9 (21;00) atau jam 10 ( 22;00 Wib) kami masih diruangan dan ditunggu,” ungkap Iswara.

Diungkapnya, bahwa tujuan kedatanganya adalah mendaftarkan Dua Nama calaon untuk mengisi  pengganti antar waktu  yaitu Tuti Nucholifah Yasin dan H.Akhmad Marjuki sesuai surat dari DPP partai Golkar.

“Sayapun resmi mendapat mandat dari DPD Provinsi Jawa Barat  untuk mendaftarkan Calon Wakil Bupati ,”ucap Iswara.

Iswara juga mengatakan, bahwa pendaftaan yang akan dilakukan hari ini sudah melalu komunikasi dengan kader partai Golkar Kabupaten Bekasi.
“Mereka (Red-kader Partai Golkar Kabupaten Bekasi) juga tentu sudah mengetahui ada jadwal pendafaran hari ini,” ucapnya.

Disinggung soal adanya penolkan terdahap kader DPD Provinsi Jawa Barat untuk mendaftarkan Calon Wakil Bupati Bekasi, Iswara menyarankan, untuk membaca undang-undang dan  ART/ARD Partai Golkar, Pilkada serta undang-undang Otonomi Daerah. Bahwa pergantian Kepala Daerah harus ada rekomendasi dari DPP, bahwa DPD Provinsi Jawa Barat tidak mempunyai kewenangan, kalau ada kader DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi menolak salah satu calon agar mempertanyakan persoalan tersebut kepada DPP.

“Sebab DPD Prov Jawa Barat hanya mendaftarkan dua nama kader terbaik Partai Golkar yaitu Tuti Nucholifah Yasin dan H.Akhmad Marjuki,” kata Iswara.

Soal,  Undang-Undang No 10 tahun 2016, pasal 176 ayat 2 dimana pendaftaranya dua nama calon Wakil Bupati melalui Bupati, Iswara menyarankan sesuai undang undang it,  agar mempelajari arahan Dirjen Otada Kemendagri, sebab pendaftaran bisa oleh  Partai Politik Pengusung.

Pendaftaran sudah tutup hari ini , Iswara mengatakan akan menyerakan dua nama tersebut  besok, Kamis (19/12) di kantor DPRD Kabupaten Bekasi dan harapannya dapat bersama-sama dengan  kader Partai Golkar Kabupaten Bekasi untuk mendaftarkan dua nama tersebut.

“Ini adalah Partai Politik dan harapanya agar teman-teman memahami bagaimana aturan di Internal Partai,” tuturnya. (Martinus)