SMKN 1 Rejotangan Tuan Rumah LKS Wilker 3 Jatim

Iklan Semua Halaman

.

SMKN 1 Rejotangan Tuan Rumah LKS Wilker 3 Jatim

Sku Metropolitan
Kamis, 12 Desember 2019


TULUNGAGUNG, MERO Untuk meningkatkan prestasi dan kualitas siswa-siswi dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan cara kompetisi atau perlombaan. Kali ini SMK Negeri 1 Rejotangan menjadi tuan rumah dalam acara wilayah kerja 3 Provinsi Jawa Timur (LKS Wilker 3) yang berlangsung dari tanggal 10,11,dan 12 Desember 2019.


 Ketua Pelaksana dan Penanggung Jawab LKS Wilker 3, Sodikin, kepada METROPOLITAN,Kamis (12/12/2019) mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyaring kompetensi siswa karena dapat memacu kreativitas dan inovasi. Ketika banyak peserta dalam kompetensi ini, berarti banyak karya yang dapat ditampung penyelenggara sehingga menjadi bahan pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh jurusan atau peminat yang sama.

“Perlombaan ini adalah ajang untuk mencari bakat dan prestasi siswa-siswi  yang dapat terus dikembangkan,"ujarnya

Sodikin mengatakan, siswa yang terbiasa berkompetisi akan menjadi lebih percaya diri. Karena siswa diharuskan berpikir cepat dan mencari alternatif untuk menyelesaikan masalah.

“Perlombaan di SMKN 1 Rejotangan ini terbagi dalam tiga bidang, yakni lomba melukis, farmasi,dan keperawatan," terangnya

 Dia menambahkan, setelah acara selesai, peserta akan memperoleh nominator berupa urutan juara satu sampai tiga.

 “Peserta lolos nominator kemudian diikutkan perlombaan ke tingkat provinsi. Begitulah upaya penjaringannya”  ujar Guru ppkn SMK Negeri 1 Rejotangan ini. 

Sodikin menyampaikan, acara yang berlangsung di SMK Negeri 1 Rejotangan ini diikuti sekolah dari berbagai kabupaten dan kota baik dari SMK Negeri maupun Swasta, Meliputi Kabupaten/Kota Malang,kota Batu, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Mojokerto,Nganjuk, Tulungagung, dan Trenggalek.

"Untuk tim Juri berasal dari Profesional, Perguruan Tinggi, dan praktisi," katanya

Lanjut Sodikin, di antara empat wilayah kerja, wilayah 3 lah yang memiliki banyak peserta, yakni tercatat 762 siswa. Itu masih di bidang kompetensi, belum lagi di bidang olahraga dan seni. Bidang olahraga mempunyai 36 tim dan bidang seni mempunyai 22 grup.

 “Peserta yang mendapat nominasi akan berkompetisi dengan juara di wilker lain” ungkapnya.

Lanjutnya, setiap bidang akan diambil nominator untuk berlaga di tingkat provinsi. Di tingkat provinsi, ada 20 peserta dengan rincian tiap wilker ada lima orang. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini akan mencatat lima nominasi pada hari terakhir.

 “Seleksi tingkat wilker di SMK Negeri 1 Rejotangan ini adalah pemanasan sekaligus evaluasi pihak sekolah dalam menyelenggarakan acara tingkat provinsi,” terangnya

Lomba Kompetensi Siswa Wilayah Kerja 3 (LKS Wilker 3) Provinsi Jawa Timur yang berlangsung setiap tahun ini bertujuan sebagai ajang silaturrahmi antarguru dan kepala sekolah. Sekaligus ajang edukasi agar dapat saling mencontoh hal baik yang ada di tiap sekolahan. Lebih utama, sebagai pemetaan mutu lembaga pendidikan. Sehingga dengan mengikuti kegiatan LKS, semua sekolah mengetahui mutu pendidikannya.

“Semua siswa SMK di Jawa Timur saya harapkan menjadi tonggak kemajuan industri di Indonesia,” pungkas Sodikin (sar)