Bunga Sakura Mekar di Lereng Gunung Lawu

Iklan Semua Halaman

.

Bunga Sakura Mekar di Lereng Gunung Lawu

Sku Metropolitan
Sabtu, 04 Januari 2020


KARANGANYAR, METRO - Bunga sakura (Prunus serrulata) telah lama dianggap sebagai bunga nasional negara Jepang. Keindahannya saat mekar membuat banyak orang jatuh hati dan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk terbang ke negara tersebut dan melihatnya langsung. Namun, warga Indonesia sebenarnya tak perlu pergi jauh ke Negeri Jepang jika penasaran dengan bunga tersebut. Ada beberapa tempat di mana kita bisa melihatnya secara langsung di dalam negeri.


Beberapa di antaranya adalah Kebun Bunga Sakura di Cibodas, Jawa Barat, kemudian di Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, yang biasanya mekar pada periode Oktober-November.

Kini giliran warga Jawa Tengah dan Jawa Timur tak perlu pergi  jauh untuk bisa melihat keindahan bunga sakura. Mereka bakal dapat menyaksikannya pada kawasan ekowisata di Kabupaten Karanganyar.

Bukit Taman Wisata Sakura Lawu (Sakral) yang berlokasi di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Dusun Dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli (Cemoro Kandang), Tawangmangu, Karanganyar.

Sesuai namanya, kelak Sakral akan dipenuhi oleh bunga dari Negeri Matahari Terbit itu.

Tawangmangu merupakan kawasan wisata alam pegunungan yang berada di dataran tinggi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kecamatan ini berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1800 MDPL,sehingga memiliki suhu udara yang sejuk cenderung dingin berkabut, yang diklaim cocok dan sesuai dengan karakter pohon sakura

Sebagai langkah awal, 100 pohon sakura ditanam pada area seluas 1,2 hektare.Rencananya, dalam lima tahun ke depan area Bukit Taman Wisata Sakral akan dikembangkan hingga seluas 5 hektare.

Hadirnya kawasan wisata baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif terhadap keanekaragaman ekosistem serta kualitas lingkungan serta perekonomian warga sekitar.
Keberadaan Bukit Taman Wisata Sakral di Tawangmangu ini juga diharapkan dapat meningkatkan citra positif sebagai ekowisata asri yang terkenal di Jawa Tengah.

"Kami berharap ke depan masyarakat banyak yang berkunjung di Tanam Sakura untuk menikmati pemandangan bunga sakura yang indah," ujar Arifin salah seorang petugas jaga bukit sakura, Jumat (3/1/2020) 

Tambahnya, Pembangunan taman wisata tersebut juga merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial korporat (CSR) bertajuk Toyota Forest dari PT TMMIN, produsen mobil Toyota di Indonesia.

Untuk mempersiapkan pohon sakura yang ditanam tersebut, mereka terlebih dahulu melakukan riset bekerja sama dengan Perum Perhutani, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Sebelas Maret, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Mengenai Bukit Taman Wisata Sakral,Arifin berharap kehadirannya bisa menambah keasrian daerah dataran tinggi Tawangmangu, sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik dan menjadi kebanggaan masyarakat sekitar.

"Ke depannya,Taman Wisata Bukit Sakura diharapkan dapat berperan memberikan manfaat positif terhadap keanekaragaman ekosistem serta kualitas lingkungan dan kualitas hidup warga sekitar."ujar Arifin

Salah seorang pengunjung Almira (35), warga Wonogiri saat ditemui di lokasi mengatakan, " keberadaan tempat wisata bukit sakura di lereng Lawu ini bisa menjadi alternatif wisata yang layak untuk dikunjungi untuk melepas penat apalagi lokasinya saling berdekatan dengan lokasi wisata lainya di Tawangmangu seperti Grojogan Sewu, Javenir Park Taman Balekambang,dan wisata bukit Sekipan " ucapnya. (sar)