Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Kunjugi UPTD Pembenihan Ikan di Buniherang

Iklan Semua Halaman

.

Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Kunjugi UPTD Pembenihan Ikan di Buniherang

Sku Metropolitan
Jumat, 24 Januari 2020


METRO, BEKASI – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan kerja ke UPTD  Pembenihan Ikan di Kampung Buniherang, Desa Buniherang, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi.

Kegiatan kunjungan kerja Komisi II  didampingi Kepala Dinas Perikanan Agus Trihono, Camat Cikarang Timur Ani Gustini, Sekcam Cikarang Timur Rismanto, Kepala UPTD Perbenihan Ikan Ida Mulyani beserta jajarannya. 

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar mengatakan dari hasil diskusi dengan Dinas Perikanan bahwa UPTD Balai Budaya Iklan Lokal (BBI) ada beberapa yang disampaikan salah satunya adalah prasarana untuk pertemuan dengan kelompok tani Perikanan dan  ketersediia lahan  pembenihan yang saat ini masih satu hektar sehingga pihaknya sulit mendapatkan anggaran dari pusat untuk mendukung pembenihan Ikan.

“Untuk mendukung UPTD Perbenihan Ikan, Sunandar menyebutkan bahwa Pemerintah Pusat menyediakan DAK sampai puluhan miliar setiap tahun-nya ke setiap daerah. Namun, Kabupaten Bekasi belum dapat mengambil manfaat tersebut sampai dengan saat ini. Dikarenakan ada pra syarat yang harus dipenuhi,” kata Sunandar kepada Metropolitan, Kamis

Pra syarat yang harus dipenuhi, untuk memperoleh anggaran tersebut kata sunandar, ada dalam Keputusan Dirjen Perikanan Budidaya Nomor 1106/2006, ditetapkan Luas BBI (balai benih ikan) adalah minimal 2 Hektar.

“Saat ini, kondisi Balai Benih Ikan Lokal (BBI) di Cipayung, Kabupaten Bekasi, luasnya baru 1 Hektar. Maka masih dibutuhkan perluasan lahan sekurang-kurangnya 1 Ha lagi,” kata Politisi Partai Golkar tersebut.

Baca berita :
DPRD Kabupaten Bekasi Bahas Pemisahan Aset PDAM Tirta Bhagasasi 

Politisi Golkar ini berharap melalui Dinas DPRKPP agar melakukan pengadaan lahan kekurangan BBI Kabupaten dimaksud. Agar kita bisa mengakses DAK dari Pemerintah Pusat untuk UPTD Perbenihan Ikan, yang mana dapat bermanfaat kepada peternak ikan, demi menjaga kestabilan harga ikan dan ketahanan perikanan darat khususnya di Kabupaten Bekasi.

Dari hasil penuturan kepala UPTD, Sunandar dilakukan adalah pembibitan Ikan lokal yang telah dihasilnya, seperti Ikan Mujar, Ikan Patin, Ikan Lele, Gurame, sementara untuk pendistribusian hingga saat ini masih kemasyarakat. ( Ely/Martinus)