Ledakan Pabrik Gas di Sukawangi Delapan Karyawan Mengalami Luka Bakar

Iklan Semua Halaman

.

Ledakan Pabrik Gas di Sukawangi Delapan Karyawan Mengalami Luka Bakar

Sku Metropolitan
Selasa, 28 Januari 2020

BEKASI, METRO- Ledakan yang terjadi di Pabrik gas PT Semar Gemilang di Jalan Raya Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, 8 (Delapan) orang  karyawan mengalami luka dan mendapat perawatan intensif. Penyebab ledakan hingga kini masih proses penyelidikan Kepolisian Sektor (Polsek) Tambelang Polres Metro Bekasi , namun dugaan sementara ledakan  akibat bocornya Selang Gas Bongkar Muat Armada BBG.

Dalam keterangan pres nya Kapolsek Tambelang AKP Shodirin menjelaskan terkait kronologi ledakan di PT. Semar Gemilang.

"Sekitar jam 24.00 wib mobil tangki gas masuk ke dalam PT Semar Gemilang kemudian melakukan bongkar muatan barang dan diduga (masih dalam proses penyelidikan) ada pipa atau selang yang bocor dan gas menyebar ke seluruh area pabrik,” pungkas AKP Shodirin.

“Selanjutnya semua sopir, security maupun karyawan keluar dari area pabrik dan berkumpul di depan pintu gerbang dan sekitar pukul 00.30 wib terjadi ledakan yang mengakibatkan kebakaran. Selanjutnya saya bersama Kanit Reskrim dan anggota lainnya datang ke TKP, menghubungi unit Identifikasi Polres Metro Bekasi dan mendatangkan 7 unit mobil pemadam kebakaran dan api dapat dipadamkan pukul 01.00 wib,” jelas AKP Shodirin menambahkan.

"untuk korban luka laporan awal dijelaskan bahwa ada 6 (enam) orang korban luka yang di rawat di RSUD Kabupaten Bekasi, tetapi informasi terakhir menurut keterangan Humas PT. Semar Gemilang BPK. Kasnadi, korban luka ada 8 (Delapan) orang masing-masing dirawat di Lima (5) Orang dirujuk  Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan 2 (Dua) Orang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sementara di Satu (1) Orang dirujuk RS Mitra Keluarga Kemayoran  untuk data nama lengkap korban masih menunggu informasi dari pihak perusahaan." Jelas AKP Shodirin.

"Untuk mengamankan status quo di area PT. Semar Gemilang dipasang garis police line dan sampai dengan saat ini Unit Reskrim Polsek Tambelang dengan di back up Sat Reskrim Polres Metro Bekasi masih melakukan Penyelidikan dan untuk berjaga jaga timbul kembali titik api disiagakan satu unit mobil Damkar," lanjutnya.

"Untuk kerugian materil berupa truk tangki sebanyak 6 unit, dengan rincian : 3 unit truck tangki terbakar di bagian kepala truck dan 3 unit truck truck engkel terbakar dibagian Kepala truck dan bangunan kantor yang rusak karena getaran ledakan dengan estimasi kerugian masih dalam proses penghitungan pihak perusahaan,” pungkasnya. ( Martinus)