LKS Provinsi Jawa Timur 2020, Tantangan SMK Diera Revolusi Industri 4.0

Iklan Semua Halaman

.

LKS Provinsi Jawa Timur 2020, Tantangan SMK Diera Revolusi Industri 4.0

Sku Metropolitan
Kamis, 30 Januari 2020


TULUNGAGUNG, METRO - Pemerintah Provinsi Jawa Timur lewat Dinas Pendidikan, terus berupaya meningkatkan kualitas kompetensi lulusan SMK agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri yang saat ini memasuki revolusi industry 4.0.


Peserta didik dilatih, dibina dan dibimbing agar memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan kerja sesuai yang dipersyaratkan pasar kerja (user) yang mengedepankan kemampuan literasi, pendidikan karakter dan keterampilan abad 21.

Untuk itu Disdik Jawa Timur melakukan berbagai upaya dan terobosan dengan terus didorongnya dan dimotivasi untuk meraih prestasi yang tertinggi, sehingga mereka siap kerja baik di dalam maupun di luar negeri.

Salah satu wadah untuk mendorong dan memotivasi peserta didik SMK tersebut adalah melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang sudah menjadi agenda rutin program Kementrian Pendidikan, diteruskan untuk dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, Provinsi sampai ke tingkat Nasional.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, didampingi Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Kadisdik Provinsi Jatim, menutup acara LKS SMK XVIII 2020 di GOR Lembupeteng Tulungagung, Kamis (30/1/2020).

Hadir dalam giat tersebut Forkopimda Tulungagung, Kadisdik Provinsi Jatim, para Rektor Universitas, para guru pembimbing/pendamping,serta seluruh siswa peserta lomba LKS

Emil Dardak pada saat penutupan memberikan motivasi, dikatakannya, tidak cukup kita sekadar punya target untuk diraih. Tetapi dibutuhkan tekad baja, mental pantang menyerah, dan terus fokus, dan fokus dalam belajar serta memperjuangkannya semua cita-cita yang diinginkan.

Selain mengalungkan medali kepada peserta lomba yang menang,wakil Gubernur juga memberikan semangat bagi seluruh siswa SMK agar tidak sampai disini perolehan prestasinya tapi menjadi generasi yang berprestasi.

Memberikan motivasi semangat untuk yang kalah. Dalam hal ini, ia berkata bahwa kesempatan menang itu terus ada, selagi kita terus berkarya.

"Menang dan kalah itu bukan tujuannya, tapi usaha kita itu yang harus terus ditingkatkan dengan menjadi siswa berprestasi dalam segala hal, " Ujar Emil Dardak

Ditempat yang sama bupati Tulungagung Maryoto Birowo dalam sambutannya mengatakan atas nama pemkab Tulungagung mengucapkan selamat datang kepada wakil Gubernur beserta rombongan di kota marmer Tulungagung

Selanjutnya bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur atas kepercayaan yang diberikan untuk kabupaten Tulungagung sebagai tuan rumah LKS SMK ke 28 tingkat Provinsi Jatim

Lanjutnya bupati Maryoto Birowo semakin yakin dengan gelaran lomba LKS ini anak-anak SMK khususnya yang ada di Jatim merupakan generasi millenial yang siap menyongsong masa depan yang lebih baik lagi. 

"Saya sering melakukan survei dan bertanya langsung ke anak anak sekolah, setelah lulus SMP akan melanjutkan kemana? ternyata 80 persen mereka menjawab akan melanjutkan ke SMK, " ucap bupati Maryoto Birowo yang mendapat aplaus dari undangan yang hadir

Bupati juga berpesan kepada para pemenang lomba jangan lekas berpuas diri sebab tantangan didepan semakin besar karena akan mewakili provinsi Jatim ke tingkat Nasional bahkan Internasional dan bagi yang kalah jangan berkecil hati

"Saya bangga kepada anak anak SMK, setelah menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun para lulusan SMK akan siap kerja dan mandiri, " pungkas bupati (sar)