SMK Negeri 1 Rejotangan Tuan Rumah Lomba LKS provinsi Jatim ke 28

Iklan Semua Halaman

.

SMK Negeri 1 Rejotangan Tuan Rumah Lomba LKS provinsi Jatim ke 28

Sku Metropolitan
Selasa, 28 Januari 2020


TULUNGAGUNG,METRO – Dinas Pendidikan Jatim secara resmi membuka Lomba Kompetensi Siswa / LKS SMK 2020 di Tulungagung, Senin (27/1/2020). Kegiatan itu dihadiri oleh Asisten 1 Sekdaprov Jatim Dr. Ardo Sahak, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bakorwil se Jawa Timur, jajaran Muspida Tulungagung, kepala sekolah, akademisi dan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT menyampaikan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa minta melalui lomba kompetensi siswa ini diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat untuk menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bersaing di era globalisasi.

"Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah bersedia menjadi tuan rumah LKS Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 ini, mudah-mudahan prestasi ini menjadi kekuatan yang luar biasa dalam membina aset-aset calon tenaga kerja di masa yang akan datang," tegasnya.

Menurut Wahid, dari kompetensi generasi yang cerdas dan unggul ini juga diharapkan sektor pendidikan bisa bekerja sama dengan para pelaku dunia usaha dan industri. Tujuannya agar terwujud masyarakat Jawa Timur yang sejahtera dan berdikari. 

Bagi dunia usaha dan industri, gelaran LKS sangat positif untuk memberikan peluang berpartisipasi mensukseskan dan memeriahkan kegiatan sekaligus dalam rangka penyiapan SDM industri yang lebih baik.

"Melalui kegiatan ini peserta dituntut untuk memiliki kompetensi dalam mengerjakan soal-soal dalam bidang lomba sesuai dengan keahliannya," katanya. 

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan LKS di SMKN 1 Rejotangan Sodikin, M. Pd ketika ditemui media METROPOLITAN dilokasi kegiatan, Selasa (28/1/2020) menyampaikan,bahwa lomba kompetensi siswa ini juga merupakan ajang silaturahim antar kepala sekolah, guru dan siswa serta semua pihak yang manangani bidang pendidikan kejuruan di Jawa Timur.

"Selanjutnya dari ajang LKS ini, akan dihasilkan para pemenang LKS ke tingkat nasional, World Skills Asia (WSA), World Skills Competition (WSC), dengan demikian para siswa yang memenangi kompetisi mampu meningkatkan reputasi Jawa Timur di kancah Internasional, " katanya

Sodikin menambahkan, di SMKN 1 Rejotangan sendiri sebagai tuan rumah menyelenggaraan empat  bidang perlombaan diantaranya, Mobile Robotic, Painting, Pharmacy,dan Health Social Care. 

"Untuk Peserta yang mengikuti kompetisi di SMKN 1 Rejotangan datang dari Kabupaten Banyuwangi, Surabaya, Gresik,Jember,Madiun, dan Bojonegoro sebanyak 52 orang," terang Sodikin
Lanjut Sodikin, Selain itu LKS ini merupakan kompetisi di bidang keahliannya untuk mencari yang terbaik dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas siswa.

 "LKS ini merupakan salah satu bentuk komitmen yang harmonis antara dunia pendidikan dengan dunia industri.dan diharapkan para peserta berkompetisi secara fair," pungkasnya (sar)