Hoax Tentang Pasien Virus Corona di RSUD dr Iskak Tulungagung, Inilah Klarifikasi Resminya

Iklan Semua Halaman

.

Hoax Tentang Pasien Virus Corona di RSUD dr Iskak Tulungagung, Inilah Klarifikasi Resminya

Sku Metropolitan
Minggu, 09 Februari 2020

TULUNGAGUNG, METRO - Masih saja berhembus isu adanya pasien terpapar Virus Corona yang masuk dan dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung, Sabtu (08/02) pagi.

Menanggapi hal tersebut,direktur rumah sakit dr Iskak Tulungagung mengeluarkan rilis resmi dan menegaskan jika kabar yang beredar tidak benar.

Berikut rilis yang disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit Dr Iskak Tulungagung melalui Humas M. Rifai.

Rilisan resmi dari direktur hari ini tanggal 8/02/2020 jam 14.35 terkait berita di medsos Tulungagung ada Virus Corona.

Informasi yg ada di medsos atau dari mulut ke mulut itu tidak benar adanya. Prinsip di dunia medis adalah lebih baik kita berlebihan dalam memanage pasien/penyakit dari pada kita kecolongan. Jadi, semua pasien yang dicurigai terinfeksi Virus Corona akan kita perlakukan sebagai pasien yg terkena Virus Corona sampai terbukti tidak secara klinis. Semua pasien yang dicurigai tersebut dimanage/ observasi sesuai standart klinis secara mendalam di ruangan isolasi khusus yang sudah dimiliki oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung sebagai rumah sakit rujukan.

"Saya sampaikan secara resmi bahwa sampai hari ini belum/tidak ada pasien yang positif terinfeksi Virus Corona, " ujarnya.

Saya minta agar masyarakat tetap tenang, silahkan tetap beraktivitas seperti biasa, jangan terpengaruh oleh isu yang tidak diyakini kebenarannya,menjaga kebersihan dengan senantiasa mencuci tangan setiap selesai keluar rumah, tidak mengusap wajah dalam keadaan tangan belum dicuci, bersin dan batuk senantiasa dengan cara yang benar yaitu ditutupi dengan lengan posisi siku ditekuk dan lainya
Rilis tersebut menjawab berbagai pesan broadcast yang menyebar melalui pesan WhatsApp (WA) dan media sosial lain yang ditanggapi pro dan kontra.

Dalam salah satu screenshort yang tersebar berasal dari Group WhatsApp yang mengatasnamakan SIU PARKIR DR ISKAK yang mengatakan jika pagi hari banyak orang yang berada di RSUD dr Iskak diminta meninggalkan tempat.

Alasannya, ada pasien yang diduga terpapar Virus Corona membuat pengunjung bubar dan meyakinkan agar memakai masker.

Pesan tersebut akhirnya terus dibagikan dan membuat perbincangan di dunia maya menjadi ramai. (sar)