Polres Tulungagung Luncurkan Aplikasi SIM Astuti

Iklan Semua Halaman

.

Polres Tulungagung Luncurkan Aplikasi SIM Astuti

Sku Metropolitan
Rabu, 26 Februari 2020


TULUNGAGUNG, METRO - Polres Tulungagung, Jawa Timur meluncurkan sebuah aplikasi berbasis Android yang diberi nama SIM Astuti. 


SIM Astuti adalah informasi latihan atau simulasi ujian teori dengan memanfaatkan teknologi Smartphone Android. Dalam aplikasi ini latihan soal dibuat semirip mungkin dengan cara uji teori di Satpas. selain itu juga terdapat menu untuk chating,PVP (Player Vs Player) ,dan ranking pengguna.

Sedangkan Aplikasi SIM Ceria berbasis Android adalah berisi tentang informasi pelayanan penerbitan SIM meliputi persyaratan, Biaya, mekanisme, dan berita-berita tentang SIM. 

Astuti adalah slogan baru Polres Tulungagung, yang berarti "Agunge Sikap Tulung Tinulung" (besarnya sikap tolong menolong).

Seperti namanya, aplikasi ini memudahkan masyarakat yang hendak mencari Surat Izin Mengemudi (SIM). Di aplikasi ini ada bank soal yang isinya hampir sama dengan soal ujian teori bagi pencari SIM. Bahkan tampilan soal di aplikasi ini terkesan memanjakan mata dan layaknya sebuah game

“Bagi yang belum pernah cari SIM atau yang gagal ujian teori, bisa belajar dari bank soal di aplikasi ini. Semuanya dibuat semirip dengan soal aslinya,” terang Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno Melalui Baur SIM M. Miftah, Rabu (26/2/2020) di kantornya. 

Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk mendaftar, sebelum mengurus SIM. Dengan aplikasi ini bisa langsung memasukkan data diri sesuai KTP. Setelah dikirim, pendaftar akan mendapat balasan berupa barcode.

“Besoknya tinggal datang ke loket Satpas SIM, kemudian tinggal diprint. Jadi tidak usah antre lama di Satpas SIM untuk mendaftar,” ujar M. Miftah

Lanjutnya, Satlantas Polres Tulungagung juga melayani perpanjangan SIM Keliling (SIMling).
Program ini untuk memudahkan masyarakat yang tidak punya waktu untuk memperpanjang SIM dihari jam kerja.

"Untuk jadwal SIMling pada hari Rabu dan Kamis berlokasi di GOR Lembupeteng pada pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB, dan pada hari Minggu bertempat di depan gedung DPRD Tulungagung pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, " terangnya.

Sedangkan inovasi TACS (Traffic Accident Claim System) adalah layanan terintegrasi dan bersinergi dengan Jasa Raharja serta instansi kesehatan untuk membantu korban kecelakaan lalu lintas dalam mendapatkan santunan Jasa Raharja tanpa melalui proses yang panjang.

Adapun tujuan dari TACS adalah keluarga korban (laka lantas) bisa fokus dalam memenuhi kebutuhan korban, memaksimalkan golden period untuk tindakan medis,informasi TKP dan data korban dari rumah sakit untuk membantu olah TKP,pihak Jasa Raharja bisa menerbitkan surat jaminan atau penolakan. 

“Dengan aplikasi berbasis Android dari Polres Tulungagung ini diharapkan pelayanan masyarakat semakin prima dan terus meningkat,” pungkasnya (sar).