Prihatin, Satpol PP Kabupaten Bekasi Belum Memiliki Kantor Sendiri

Iklan Semua Halaman

.

Prihatin, Satpol PP Kabupaten Bekasi Belum Memiliki Kantor Sendiri

Sku Metropolitan
Selasa, 11 Februari 2020


METRO, BEKASI – Miris nasib Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Perintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Instansi penegak peraturan daerah (perda) ini tampak seperti dianaktirikan. Buktinya, di Provinsi Jawa Barat, Instasi ini yang belum memiliki kantor sendiri, statusnya masih menumpang disalah satu tempat di gedung Bupati.

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi Ani Rukmini, mengatakan di Provinsi Jawa Barat, bahwa Satpol PP Kabupaten Bekasi yang belum memiliki kantor dinas sendiri, padahal Satpoll PP itu keberadaannya seiring pemerintahan berdiri, istansi tesebut selalu ada.

“Kalau Satpol PP itu keberadaanya seiring pemerintahan ini berdiri, instasi tersebut selalu ada,sehingga sangat disayangkan dan memperihatinkan pada saat ini Instasi tersebut belum punya kantor refersentatif,” tegas Ani saat ditemui usai Rapat dengan Satuan Pol PP di Ruang Komisi, Selasa (11/2).

Padahal menurutnya,instasi ini merupakan perangkat daerah yang tidak pernah tereliminasi berbeda halnya dengan perangkat daerah lainnya yang terkadang dilebur dengan yang lainnya.

Untuk menungjang kinerjanya, Ani mengatakan kantor sementara yang akan disiapkan untuk Satpol PP adalah ruang arsip keuagan. Proses yang harus dilakukan Satpol PP adalah secepatnya melakukan kordinasi dengan keuangan.

“Proses yang harus dilakukan Satpol PP adalah secepatnya melakukan kordinasi dengan keuangan, sementara untuk penataan ruangan akan di anggarkan di tahun 2020,” jelas Ani.

Karena hal tersebut masih bersifat sementara,bagaimana satpol PP memiliki gedung sendiri, Ia mengatakan Pemerintah dapat mengajukan bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk pembagunan prasana, dan pembagunan perangkat, tetapi Pemkab Bekasi harus menunjukkan lokasinya.

“Untuk opsi pada saat rapat lokasi rencana yang akan diajukan, menurut kajian Bappeda adalah di samping DPRD Atau Pasos-Pasum Delta Pintu masuk Pemkab Bekasi,” ungkap Ani.

Sementara, seketaris Satpol PP Hanip mengakui satpol PP seharusnya memiliki gedung sendiri dan kantor sekarang sudah tidak memadai.

“Yang jelas Satpol PP itu belum punya Gedung, Harusnya Satpol PP itu  punya Gedung sendiri,” ucap Hanip

Hanip menyebutkan, lokasi yang diajukan untuk pembagunan Satpol PP adalah di samping gedung DPRD yang berhadapan dengan lokasi Kantor Polsek Cikarang Pusat. ( Ely/Martinus)

Baca Berita :
Kecamatan Tambun Selatan Komitmen Kurangi Sampah Plastik